Serang (Antara Bali) - Dinas Budaya dan Pariwisata Banten menggelar Gebyar Wisata Sawarna dalam rangka mempromosikan objek wisata Pantai Sawarna yang berada di Banten Selatan.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banten Ajak Moelim di Serang, Kamis mengatakan, tujuana  penyelenggaraan Gebyar Wisata Sawarna tersebut dalam upaya memperomosikan destinasi wisata Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak wilayah pantai Selatan Banten.

"Ada berbagai pertunjukan kesenian tradisional, pawai budaya, band, dan wayang golek Ajen yang digelar di lokasi Pantai Sawarna," kata Ajak.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut digelar mulai 14 hingga 18 November 2012. Gebyar Sawarna diisi dengan berbagai pentas seni dan budaya yang melibatkan masyarakat setempat.

Menurut dia, kegiatan tersebut sengaja digelar bertepatan dengan libur panjang akhir pekan atau "long weekend" sehingga diharapkan bisa menyedot kunjungan wisatawan dan masyarakat setempat untuk memeriahkan acara tersebut.

"Salah satu pertunjukan yang menarik masyarakat adalah wayang golek dibawakan Dalang Ajen yang cukup terkenal," katanya.

Ajak mengatakan, Pantai Sawarna sebagai salah satu objek wisata unggulan di Banten diharapkan dapat menjadi magnet kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan Desa Sawarna, sudah ditetapkan dalam tiga besar desa wisata nasional.

"Pantai Sawarna memiliki daya tarik tersendiri, pantainya cocok untuk 'surfing'. Selain itu, Pantai Sawarna juga masih terjaga kealamiannya," kata Ajak.(LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012