Musisi Bali Rafael yang tergabung dalam kelompok musik Raff The Ambient merilis sebuah lagu terbaru yang terinspirasi dari pelaksanaan Piala Dunia 2022 di Qatar pada Desember 2022.

"Awalnya, saya terinspirasi dengan kegiatan Piala Dunia 2022, kemudian saya membahasakan eforia piala dunia ini melalui lirik lagu yang berjudul Messi," ujar Rafael di Kota Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengatakan momentum empat tahunan tersebut dinilai selalu dirindukan oleh publik di seluruh dunia. Tidak hanya itu masyarakat juga mendukung penuh idolanya masing-masing ke Piala Dunia tanpa ada sekat suku, agama, ras dan golongan.

Menurut dia, lagu berjudul Messi itu diciptakan karena ia ingin membahasakan turnamen sepak bola terbesar di dunia itu ke dalam seni. Hal itu karena seni dianggap universal dan bisa dinikmati oleh siapa pun.

"Seni musik itu harus kontekstual serta membaca agenda publik yang ada. Selain itu Piala Dunia Qatar tahun ini juga sangat menarik, mulai dari tuan rumah Qatar yang terkenal dengan suhu yang panas sampai dengan tampilnya para pesepakbola dunia yang tidak mudah hilang dalam memori publik," katanya.

Baca juga: "Kuliner Nusantara" raih "Karya Musik Terbaik 2022" dari Kemenparekraf

Rafael menjelaskan terkait lagu berjudul Messi, judul lagu tersebut merujuk pada seorang maestro sepakbola asal Argentina yang banyak diidolakan oleh penggemar sepak bola di dunia termasuk saat Piala Dunia 2022.

"Meskipun judul lagunya memang Messi. Namun saya juga menyebut bintang sepakbola lainnya. Mereka saya sebut dengan all stars. Ini yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo, Neymar, Mbape, dan beberapa bintang sepak bola di Piala Dunia Qatar yang lainnya,"

Lagu Messi ditulis langsung oleh Rafael sebagai vokalis Raff The Ambient. Lagu tersebut dipadukan dengan irama musik yang kental dengan nuansa ambience, electronik dan sedikit sentuhan rock.

Ia menambahkan, penggunaan sound electronic yang unik, dari alunan synth, bass, dan keyboard membuat alunan musik dalam lagu itu menjadi mudah untuk didengarkan.

Rafael bersama dengan personel Raff The Ambient lainnya yaitu drummer Dedi Eka Budiono, gitaris Reynard Bai, keyboardist Tony Roesman ingin agar para bintang-bintang di lapangan hijau dapat terus diingat oleh penggemar sepak bola dunia dan tidak lekang ditelan zaman.

"Lagu bergenre Indian Film Pop tekah kami rilis ke publik pada pertengahan Desember 2022 lalu. Nuansa musik yang ringan namun mudah melekat di telinga publik ini berkat usungan nama besar para legenda sepak bola dunia saat ini," tambah Rafael.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022