Nusa Dua (Antara Bali) - Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak menyatakan bahwa Indonesia merupakan contoh yang menginspirasi demokrasi bagi negara-negara berkembang dan juga menjadi model bagi demokrasi Islam.
     
"Demokratisasi di Indonesia dipuji sebagai bukti nyata bahwa hal itu lebih baik daripada kediktatoran dan kekerasan. Demokrasi menjamin kesejahteraan dan keamanan serta kebebasan beragama maupun hak asasi wanita," kata Presiden Lee Myung-bak dalam pidatonya dalam pembukaan "Bali Democracy Forum" (BDF) V di Nusa Dua, Kamis.
     
Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan penghargaan kepada Presiden Yudhoyono yang telah membawa demokrasi Indonesia dan menciptakan harmoni kepada masyarakat.
     
Menurut dia, 20 tahun lalu banyak kalangan menganggap Indonesia sulit menjadi negara yang demokratis.
     
Namun kenyataannya, Indonesia mampu keluar dari konflik politik dan sosial yang awalnya sulit untuk dikendalikan, dan kini menjelma menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan kondisi demokrasi yang cukup stabil.
     
"Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam mendukung demokrasi sebagai sistem politik," ujar Lee.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012