Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta mengoptimalkan sarana podcast dan media internal setempat untuk membagikan atau menyebarkan berbagai informasi dan kebijakan publik yang dihasilkan oleh Dewan setempat.

Kasubag Dokumentasi dan Humas DPRD Provinsi DKI Jakarta Tri Indra Gunawan saat menerima rombongan Sekretariat DPRD Provinsi Bali dan Forum Wartawan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Forward) Provinsi Bali di Jakarta, Kamis, mengatakan podcast tersebut dikelola oleh staf setempat.

"Untuk memproduksi podcast, ruangan dibuat, peralatannya milik sendiri, dan narasumbernya para anggota Dewan," ujar Indra.

Peliputan berbagai agenda di DPRD Provinsi setempat yang akan dipublikasikan di media internal, maupun untuk memproduksi podcast, juga tidak mengalami kendala karena sejumlah staf yang direkrut memang sebelumnya berprofesi sebagai jurnalis.

"Tim media kami berjumlah 21 orang. Bagi yang meliput kegiatan DPRD, ada yang bertindak sebagai kameramen, fotografer, reporter, penulis skrip, editor dan sebagainya. Jadi, kami kelola sendiri," ucap Indra.

Masyarakat maupun jurnalis yang ingin mengetahui informasi dan kebijakan Dewan, selanjutnya dapat mengakses melalui website maupun berbagai kanal media sosial yang dimiliki DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Meskipun telah memiliki media internal, pihaknya juga tetap berbagi informasi kepada media jika ingin langsung meliput agenda-agenda di DPRD DKI Jakarta.

"Teman-teman media tetap bisa meliput, tetapi intinya kami juga memiliki humas sendiri untuk meliput. Hasil yang diliput, dipublikasikan di web kami. Termasuk program dan kegiatan Dewan, hasil rapatnya apa dan sebagainya," katanya.

Untuk 2023, pihaknya akan kembali bekerja sama dengan media untuk peliputan advertorial yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19.

Kabag Persidangan dan Fasilitasi Fungsi DPRD Sekretariat DPRD Bali I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama mengatakan kunjungan ke DPRD Provinsi DKI Jakarta itu merupakan rangkaian agenda studi tiru yang dilakukan terkait dengan sistem transportasi publik terintegrasi.

Sebelumnya bersama Forum Wartawan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Forward) Provinsi Bali telah mengunjungi Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

"Inovasi podcast yang diterapkan di DPRD DKI Jakarta ini bisa kita coba adopsi di Bali," ucapnya didampingi Kasubag Tata Usaha, Kepegawaian, Humas dan Protokol DPRD Bali I Kadek Putra Suantara.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022