London (Antara Bali) - Sosialisasi keberadaan dan peran para perantau atau Indonesian Diaspora Network Netherlands yang merupakan lanjutan dari pertemuan serupa Juli 2012 di Los Angeles, Amerika Serikat, digelar di Den Haag akhir pekan dan mendapat sambutan masyarakat Nusantara di Belanda.

Sosialisasi Indonesian Diaspora Network Netherlands diadakan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda dibuka Duta Besar RI Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi di Ruang Nusantara KBRI Den Haag.

Menurut Dubes, pertemuan sosialisasi Indonesia Diapora Network Netherlands merupakan tindaklanjut dari Congress of Indonesian Diaspora (CID) di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (6-8 Juli 2012) dan untuk menyebarkan hasil kongres itu.

Pertemuan diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya, disusul Wilhelmus, kemudian disampaikan pesan video Presiden RI Yudhoyono mengenai Diaspora Indonesia. Sosialisasi Diaspora di Belanda merupakan langkah historik pertama yang dibuat oleh Indonesian Diaspora Network Netherlands untuk mensinergiskan potensi kerja sama beragam organisasi.

Tercatat lebih dari 200 orang Indonesia dan warga negara Belanda berdarah Nusantara yang hadir dalam pertemuan tersebut. Peserta memiliki beragam latar belakang, mulai dari professional, pelajar, pekerja seni ataupun masyarakat umum. Mereka membahas isu penting dan strategis di Indonesia, seperti kesehatan, tata kota, visa dan tenaga kerja.

Tercatat tak kurang dari 100 organisasi yang hadir pada pertemuan sosialisasi tersebut. Organisasi ini mewakili komunitas dokter, arsitek, pekerja migran, pekerja seni, perawat, politik, pelajar dan masih banyak lagi.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012