Setelah sukses diselenggarakan di Provinsi Bali pada tahun 2021 lalu, babak main event Piala Presiden Esports 2022 akan kembali diselenggarakan pada 11-13 November 2022
di Jakarta untuk menyiapkan atlet Esport Indonesia ke kejuaraan dunia.

"Esports memiliki potensi besar dalam
menyumbang prestasi bagi Indonesia. Oleh karenanya, jejak prestasi esports Indonesia perlu diteruskan agar semakin banyak atlet yang bisa mewakili Indonesia dalam berbagai turnamen baik dalam maupun luar negeri," ujar Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan dalam keterangan yang diterima di Kabupaten Badung, Sabtu.

Turnamen Piala Presiden Esports 2022 merupakan upaya pemerintah dan seluruh stakeholder terkait untuk memaksimalkan potensi industri game dan esports tanah air.

Abetnego Tarigan mengatakan pihaknya menilai ekosistem esports sangat penting bagi generasi muda, dan memberikan bukti bahwa esports tidak hanya sekadar main game belaka.

'Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu," kata dia.



Menurut dia, Piala Presiden Esports 2022 merupakan ajang yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak atlet yang diharapkan bisa menyumbangkan berbagai prestasi.

Kementerian-kementerian terkait juga sangat mendukung kehadiran esports bagi generasi muda. Dengan adanya industri esports yang berkembang, harapannya dapat memberikan pesan-pesan positif kepada publik.

"Pasalnya publik masih banyak yang menganggap bahwa esports ini hanya menghabiskan waktu untuk bermain game saja," ungkap Abetnego Tarigan.

Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB Esports Indonesia (PBESI) Yohannes Siagian menjelaskan PBESI juga sedang berfokus dalam membangun ekosistem esports Indonesia.

Pihaknya juga ikut dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 dan sedang mempersiapkan acara lanjutannya, yaitu IESF World Championship 2022.

"Secara keseluruhan ini merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang kami coba kembangkan," tambah dia.

Senior Vice President BCA Saifuddin mengungkapkan BCA juga berkomitmen untuk terus mendukung esports
untuk negeridengan menjadi sponsor utama dalam perhelatan Piala Presiden Esports empat tahun berturut-turut.

"BCA turut aktif mendukung kegiatan Piala Presiden Esport 2022 ini. Kami sebagai insan perbankan terpacu untuk terus memberikan dukungan serta ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan minatnya dalam hal esport," ujar dia.Baca juga: IESF siap kunjungi Indonesia untuk persiapan "World Esports Championship" di Bali

Dengan adanya kegiatan itu pihaknya berharap para peserta dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga dapat menghasilkan performa yang terbaik di kompetisi ini.

"Selain itu, kami juga berharap kegiatan ini dapat mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia," kata dia.

Director National Business Development Partnership Grab Indonesia Terence Bouman menjelaskan Grab selaku official super app partner berharap jika kerja sama antara Grab dan Piala Presiden Esports 2022 dapat terus berlanjut, demi mendukung perkembangan esports Indonesia.

"Harapannya adalah kolaborasi ini akan terus berlanjut, untuk dapat berkontribusi mendukung perkembangan esports Indonesia serta mendukung daya saing game tanah air di dunia," ungkap dia.

Baca juga: Sandiaga siap fasilitasi pelatihan atlet jelang Piala Dunia Esports di Bali pada November

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022