Bupati Karangasem, Bali, I Gede Dana saat membuka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut, di Pantai Sukun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, mengatakan bahwa kesehatan laut berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Gede Dana menyampaikan bahwa setiap tahunnya lautan sering kali dipenuhi sampah plastik, kondisi ini akan berpengaruh terhadap kelestarian laut apabila tidak mendapat penanganan yang serius.

"Karena kesehatan laut merupakan kunci kegiatan ekonomi maupun sosial kehidupan masyarakat yang berkesinambungan," kata dia di Kabupaten Karangasem, Kamis.

Bupati Karangasem menjelaskan bahwa pantai di daerahnya yang terbentang sepanjang 87 kilometer itu merupakan sumber daya alam yang memberikan kontribusi relatif besar dalam pembangunan di Karangasem.

Pantai di Karangasem menjadi sumber mata pencaharian, produksi ikannya sebagai sumber protein hewani, dan sebagai daya tarik investasi di bidang pariwisata, kata Gede Dana.

Baca juga: 235 warga Karangasem terima bantuan dana perbaikan rumah

"Saya sangat mendukung terlaksananya kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut di Kabupaten Karangasem, karena kelestarian ekosistem dan kebersihan laut menjadi sangat penting untuk kita jaga bersama, saya harap aksi ini dijadikan agenda tetap," ujar Bupati Gede Dana.

Lewat pelaksanaan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut, menurutnya, masyarakat akan lebih paham mengenai dampak dan bahaya sampah plastik terhadap biota laut dan ekosistem serta menumbuhkan pemahaman masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian sampah plastik di laut.

Namun, dalam rangka bersih-bersih di kawasan pantai untuk menjaga kesehatan laut, kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Bayu Segara Kecamatan Kubu, Yayasan Yowana Bakti Segara serta kelompok dan relawan konservasi se-Kecamatan Kubu, Gede Dana menyampaikan bahwa diperlukan kesiapan yang matang.

"Melaksanakan pembersihan sampah di tengah laut sangat diperlukan persiapan yang matang, baik keselamatan peserta, mekanisme sampah yang telah dikumpulkan agar disesuaikan dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan dan selalu bekerjasama dengan pemangku yang terkait," ujar Bupati.

Secara serentak dalam rangka Gerakan Bulan Cinta Laut, Bupati Gede Dana selain mengajak para nelayan melawan sampah di laut, juga bersama berpartisipasi melaksanakan bersih-bersih di kawasan pantai dalam rangka menjaga ekosistem perairan laut Karangasem dari cemaran sampah.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022