Kabupaten Klungkung Bali menjadi target wilayah untuk percepatan program Mekaar yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir, dengan jumlah nasabah Mekaar di kabupaten sebanyak 2.828 nasabah.

"Kabupaten Klungkung ini menjadi salah satu target untuk percepatan program Mekaar. Kami akan dorong sampai 100 persen sehingga tidak ada lagi masyarakat prasejahtera di Klungkung," ujar Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam keterangan yang diterima, Kamis.

Ia menjelaskan, Menteri BUMN Erick Thohir meminta perusahaan BUMN untuk meningkatkan jumlah nasabah Mekaar hingga 100 persen keluarga prasejahtera di Kabupaten Klungkung.

Ia mengatakan percepatan tersebut dilakukan sebagai komitmen Erick Thohir untuk mensejahterakan masyarakat hingga level kabupaten dan desa.

Hingga saat ini masih 50 persen warga prasejahtera di wilayah Klungkung yang berhasil terbantu lewat penguatan program Mekaar inisiasi Erick Thohir.

Seorang warga Kecamatan Banjarangkan Klungkung Made mengungkapkan, dirinya merasakan dampak positif dari kehadiran berbagai program yang terus didorong oleh Menteri Erick Thohir.

Baca juga: Bupati Klungkung: digitalisasi LPD cegah korupsi

Ia menjadi saksi bagaimana Program Mekaar telah berhasil meningkatkan kesejahteraan Ibu-Ibu pra sejahtera di Kabupaten Klungkung.

Menurutnya mengaku program Mekaar berhasil meningkatkan dan mengembangkan usaha hingga bisa membantu perekonomian keluarga.

"Program Mekaar berhasil membantu meningkatkan usaha saya sebagai keluarga pra sejahtera dengan cicilan usaha dengan bunga ringan," kata dia.

Selain mendorong percepatan program Mekaar di Klungkung, perusahaan BUMN beberapa waktu yang lalu juga telah menyelenggarakan Pasar Murah dan Bazaar UMKM BUMN yang menghadirkan lebih dari 2.000 nasabah Mekaar dan masyarakat umum di Klungkung.

Kegiatan itu merupakan program yang digagas Menteri Erick Thohir untuk memastikan program BUMN berjalan dengan optimal. Kegiatan itu juga didukung oleh BTN dan Angkasa Pura I sebagai BUMN penyelenggara.

Baca juga: Bupati Klungkung: Bantuan rumah PUPR hanya untuk warga berpenghasilan rendah

Arya Sinulingga menjelaskan selain membantu masyarakat Kabupaten Klungkung dengan sembako murah, pada kesempatan itu Yayasan BUMN memberikan bantuan alat kesehatan berupa ventilator, oxygen concentrator, dan masker kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM juga dimeriahkan oleh 50 UMKM binaan BUMN dengan produk yang beragam mulai dari pengolahan makanan dan minuman, fesyen hingga jasa.

"Nantinya melalui Rumah BUMN, kami akan memberikan pelatihan dan business matching UMKM yang ada di Klungkung sehingga produk UMKM Kabupaten Klungkung bisa dipasarkan lebih luas lagi," ungkap dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022