Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya melalui program berbagi, cegah, dan kendalikan Inflasi menyalurkan bantuan berupa 13.300 bibit cabai untuk TP PKK Tabanan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa.

"Tren inflasi di Bali bulan Juli sampai dengan Agustus tahun 2022 masih tinggi, yakni 6,74 persen dari sebelumnya 6,39 persen, juga masih tinggi dari inflasi nasional 4,69 persen dan masih jauh dari target inflasi nasional yakni 3 persen," kata Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menambahkan, melalui Perumda Dharma Santhika, Pemkab Tabanan memberikan 13.300 bibit cabai kepada TP PKK desa di Tabanan untuk penguatan ketahanan pangan masyarakat.

"Semoga langkah-langkah yang kita upayakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk mengantisipasi kenaikan harga cabai yang biasanya terjadi di akhir tahun yakni November dan Desember, di sini peran penting TP PKK sebagai ujung tombak untuk dapat membantu program-program pemerintah demi upaya memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Baca juga: EM4 jadikan ikan nila budi daya oleh warga Tabanan bisa berlimpah hasilnya

Menurut Sanjaya, program-program yang akan dilakukan Pemkab Tabanan terhadap pengendalian inflasi sesuai dengan Rakornas dengan Mendagri dan rakor provinsi pada 6 September 2022.

Guna menjaga ketersedian komoditas pangan dan kestabilan harga, pemkab Tabanan melalui Perumda Dharma Santhika menjalin kerja sama dengan Kabupaten Bangli, Gianyar, Kota Denpasar, PT Food Station Tjipinang Jaya Jakarta and Marriot Group.

"Saya berharap semua elemen mengetahui situasi inflasi ini dan ikut berkolaborasi mengambil langkah-langkah strategis sebagai upaya pengendalian inflasi di kabupaten Tabanan sesuai arahan Presiden dan Gubernur. Mudah-mudahan inflasi di Bali dan di Indonesia pada umumnya dapat terkendali," ujarnya.

Sanjaya berharap melalui program tanam cabai menjadi harapan bersama agar masyarakat khususnya Kabupaten Tabanan dapat mengantisipasi kenaikan harga cabai, terutama menjelang akhir tahun, sekaligus agat masyarakat dapat memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari dari pekarangan rumah terdekat.

Baca juga: Bupati Tabanan rancang pendapatan Rp1,744 triliun dalam APBD 2023

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022