Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mematangkan pelaksanaan program-program inovasi Bima Juara (beli mahal jual murah) untuk meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan petani di Kabupaten Klungkung, Bali.
 
Nyoman Suwirta sebagaimana dikutip dari keterangan yang diterima di Denpasar, Selasa, menyatakan program kerja yang dicanangkan bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Klungkung tersebut merupakan inovasi dari pemerintah daerah untuk menekan laju inflasi di daerah kabupaten Klungkung yang harus selalu digaungkan agar tidak mandek.
 
Program-program tersebut dibahas dan dimatangkan dalam rapat koordinasi program kerja TPAKD Kabupaten Klungkung Semester 1 Tahun 2022 di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
Bupati Suwirta menjelaskan inovasi di sistem dari hulu ke hilir yang bertujuan untuk menyejahterakan petani itu diharapkan ampuh untuk menekan inflasi terutama beras.
 
Program Bina Juara menjadi salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Klungkung yang telah masuk dalam top 99 inovasi yang telah terbukti meningkatkan kedaulatan pangan terutama mengendalikan harga beras dan gabah yang menguntungkan para petani.

Baca juga: Pemkab Klungkung tata pasar tradisional Semarapura jadi pasar khusus
Secara praktis, pelaksanaan program ini nyata dalam pembelian gabah petani dengan harga lebih tinggi dari harga pasar dan beras yang dihasilkan mampu dijual di bawah harga pasar. Gabah milik petani dipasarkan kepada koperasi, toko, minimarket dan swalayan di Kabupaten Klungkung.
 
Rapat dipimpin Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Klungkung turut dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra, Giri Tribroto dan undangan terkait lainnya.
 
"Mari bersama-sama kita kembangkan program Bima Juara ini untuk percepatan akses keuangan daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat," kata Nyoman Suwirta.
 
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusa Tenggara, Giri Tribroto, menyampaikan apresiasi terhadap langkah pemerintah melalui program Bima Juara.
 
Dia berharap, pemerintah Kabupaten Klungkung dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan jasa keuangan, sehingga program-program unggulan dari TPAKD dapat terealisasi dengan cepat.


Baca juga: Bupati Klungkung ajak warga manfaatkan penghapusan denda PBB

 

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022