Denpasar (Antara Bali) - Musisi Bali I Gusti Ngurah Mariantha atau dikenal dengan nama Rahtut menciptakan lagu berjudul Sumpah Pemuda untuk memaknai peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2012.
     
"Inspirasi menciptakan lagu itu karena melihat kondisi bangsa sekarang bahwa generasi muda kurang begitu bagus gaungnya terhadap Sumpah Pemuda," katanya pada sebuah diskusi gerakan Sumpah Pemuda di Denpasar, Kamis.
     
Menurut dia, lagu saat ini tidak hanya sebagai media hiburan dengan tema sebagian besar menyangkut percintaan, namun di sisi lain lagu juga merupakan media pendidikan yang salah satunya mengangkat implementasi Sumpah Pemuda.
     
Lagu yang dinyanyikan oleh dirinya dan I Gusti Ngurah Budiartha atau Rahtu yang juga saudara kandungnya itu dibuat dalam waktu satu minggu pada awal Oktober 2012 lalu dan direkam di sebuah studio di Denpasar.
     
Lirik dalam lagu berirama pop dan rock dengan tempo menghentak tersebut menggambarkan tidak jauh dari isi Sumpah Pemuda yakni berbangsa satu, bangsa Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
     
Selain itu juga diselipkan lirik mengenai ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012