Nusa Dua (Antara Bali) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada pertemuan Pertukaran Informasi Gas atau "Gasex ke-12 menjanjikan akan memberikan kemudahan bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia.
     
"Saya janjikan kepada investor, kita permudah perizinan eksplorasi, dan memberikan insentif tambahan. Ini yang harus kita lakukan untuk dapat menemukan minyak dan gas baru," katanya kepada wartawan sesuai membuka Gasex ke-12 di Nusa Dua, Bali, Selasa.
     
Menurut dia, Indonesia membuka lebar pintu investasi di bidang energi untuk mengembangkan potensi energi baru dan terbarukan mengingat kebutuhan akan minyak dan gas di dunia semakin meningkat.
     
Dia mengatakan bahwa Indonesia memiliki kekayaan energi baru dan terbarukan yang potensial untuk dikembangkan di antaranya energi panas bumi atau "geothermal" yang mencapai 10 ribu megawatt, energi dari tenaga air, energi surya, serta bio massa.
     
Meski membuka lebar investasi di bidang energi baru dan terbarukan, Menteri ESDM memberikan empat catatan bagi calon investor yakni semua investor wajib untuk menumbuhkan ekonomi Indonesia, menciptakan lapangan pekerjaan, ikut mengentaskan kemiskinan, dan menjaga lingkungan hidup.
     
"Jika para investor setuju dengan itu, maka kami akan membantu berikan kemudahan dan insentif, tetapi jika enggan, lebih baik investor pulang saja, tidak perlu investasi di Indonesia," katanya.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012