Denpasar (Antara Bali) - Bulog Regional Bali menyalurkan sebanyak 1.812 ton beras untuk masyarakat miskin (raskin) selama Desember sehingga secara komulatif selama 2009 telah tersalur 23.585,8 ton.

Penyaluran beras tersebut 97,26 persen dari sasaran yang ditetapkan tahun 2009 yakni sebanyak 24.264,7 ton, kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Regional Bali Wayan Suyasa di Denpasar, Senin.

Raskin sebanyak itu disebarkan untuk memenuhi permintaan sebanyak 134.804 kepala keluarga (KK) kurang mampu di daerah ini, namun belum diketahui pasti jumlah itu bertambah atau berkurang tahun 2010 mendatang.

Raskin yang direalisasikan Bulog Bali sesuai permintaan Pemkab setempat tersebar di sebanyak 713 titik distribusi di 57 kecamatan di delapan kabupaten dan satu kota dan penyalurannya lancar," kata Suyasa.

Terealisasinya beras murah kepada masyarakat kurang mampu di daerah tujuan pariwisata Bali, merupakan salah satu penyebab stabilnya harga salah satu bahan kebutuhan pokok masyarakat di daerah ini.

Perdagangan beras di daerah pariwisata Bali sangat lancar baik secara antarpulau dari Jawa, Lombok maupun sebaliknya sehingga persediaan beras yang ada di Bulog hanya untuk kepentingan anggaran.

Jadi walau ada musim kemarau melanda daerah ini, persediaan beras di gudang-gudang Bulog yang tersebar di daerah ini masih cukup memadai dan tidak perlu khawatir hingga pertengahan 2010

Persediaan beras di Bulog Regional Bali masih cukup memadai, walau daerah ini banyak didatangi wisatawan dalam dan luar negeri untuk berlibur sepanjang tahun, begitu pula musim kemarau melanda daerah ini tidak mengkhawatirkan.

Bulog Regional Bali pada awal tahun 2009 gencar melakukan pengadaan beras dengan membeli produksi petani setempat dan beras dari Lombok Nusa tenggara Barat (NTB) dalam jumlah memadai.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2009