Denpasar (Antara Bali) - sekitar 600 orang warga dan komponen industri pariwisata kawasan Sanur terlibat aksi bersih-bersih pantai setempat sebagai bagian dari persiapan menyambut penyelenggaraan Sanur Village Festival (SVF).

"Aksi bersih-bersih pantai itu menyasar sampah dari kawasan Pantai Matahari Terbit hingga Pantai Mertasari yang digelar Sabtu (22/9)," kata Ida Bagus Sidharta Putra, ketua panitia SVF, di Denpasar, Minggu.

Acara bersih-bersih pantai tersebut sebagai perwujudan dari program SVF, yaitu membangun kesadaran bersama untuk mencintai sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian lingkungan hidup.

Menurut dia, hal itu juga sesuai dengan semangat perayaan tahunan SVF yang menjadi agenda rutin Desa Sanur, yakni menjaga lingkungan hidup di wilayah setempat agar kualitas objek wisata itu tetap terjaga.

Sementara itu Nengah Rumiyandi, koordinator aksi bersih-bersih Pantai Sanur mengatakan, tujuan utama penyelenggaraan kegiatan tersebut agar tercipta gerakan terpadu yang melibatkan seluruh komponen masyarakat sehingga tercipta kesadaran yang tinggi dalam menjaga kebersihan pantai.

Aksi bersih-bersih pantai itu dibagi dalam tiga kawasan. Tidak hanya masyarakat sekitar yang terlibat, namun sejumlah perkumpulan otomotif di Pulau Dewata ikut mendukungnya, seperti Bali Volkswagen Division (BVD).

Ketua BVD Rai Sucita mengatakan, konvoi simpatik dengan membawa anak-anak sekolah beserta bibit pohon kelapa yang akan ditanam adalah bagian dari dukungan terhadap pelestarian lingkungan di Bali.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012