London (Antara Bali) - Pengeliling dunia seorang diri dengan sepeda motor besar asal Indonesia, Jeffrey Polnaja, mengaku puas karena berhasil mengeksplorasi panorama dan budaya Negeri Sakura tanpa halangan berarti.

Jarak tempuh sekitar 3.000 kilometer berhasil ditaklukkan Jeffrey Polnaja sepanjang penjelajahannya di Jepang selama dua pekan lalu. "Hiroshima Melecut Kembali Semangat Ride for Peace," ujar Kang JJ, demikian Jeffrey Polnaja biasa disapa, kepada ANTARA London, Selasa.

Jeffrey yang kini telah berada di Busan, Korea Selatan, mengatakan sangat terpesona oleh keharmonisan kehidupan di Jepang. "Bersyukur saya bisa menyelesaikan salah satu etape terpenting dalam penjelajahan Ride for Peace kedua, yaitu Jepang. Banyak bikers dunia yang bermimpi riding di Jepang, terutama di Pulau Hokkaido, dan saya sudah meraihnya. Pengalaman ini akan menjadi kenangan manis bagi hidup saya," ucapnya.

Jeffrey menggelindingkan roda BMW R1150GS bernopol B-5010-JP ke Jepang usai menaklukkan kawasan liar Siberia di Rusia.

Menggunakan angkutan penyeberangan laut dari Sakhalin, Rusia, Jeffrey mendarat di Pelabuhan Wakkanai, Hokkaido, di utara Jepang pada 31 Agustus lalu. Dari situ, selama dua pekan, pengelana kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini menjelajah hingga daerah Shimonosheki di selatan Jepang.

"Jelas Jepang telah meninggalkan kesan baik di mata saya. Masyarakat Jepang sungguh ramah. Mereka dengan ringan tangan siap membantu siapapun yang membutuhkan," kenang Jeffrey.

Dia menambahkan, masyarakat Indonesia perlu belajar dari kedisiplinan dan sikap tenggang rasa penduduk Jepang. "Dulu masyarakat kita terkenal ramah, namun belakangan ini kesan itu terasa jauh," ujarnya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012