SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali yang telah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak, juga dipercaya menjadi tuan rumah dan panitia Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Kongres VIII SMK Penerbangan Indonesia Tahun 2022 di Hotel Swiss Bel Rainforest Bali.

Informasi resmi dari SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali, Minggu, menyebutkan bahwa kegiatan nasional itu bertujuan tersusunnya penyelarasan kurikulum, penandatanganan MoU dengan Industri dan Dunia Kerja (Iduka) dan Perguruan Tinggi, serta rekomendasi pembukaan jurusan baru rencana Induk Pengembangan SMK Penerbangan Indonesia.  

Agenda pada kegiatan nasional tersebut diantaranya Penyelarasan Kurikulum SMK Penerbangan Indonesia dengan Kurikulum AMTO dengan menghadirkan narasumber dari DKPPU. Selain itu, bertujuan menyusun bersama peta jalan SMK Penerbangan Indonesia dengan menghadirkan narasumber Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, dan Iduka industri penerbangan lainnya.

Peta jalan ini diharapkan menjadi rujukan tidak hanya anggota FKSMKPI saja, namun untuk semua SMK Penerbangan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain dihadiri Dirjend Vokasi, Direktur SMK, dan Direktur Mitra Industri, kegiatan itu juga dihadiri oleh stakeholder, diantaranya Direktur API Banyuwangi, Direktur DKPPU Kemenhub, Ketua IAMSA, Direktur Urban Air, juga diikuti oleh 45 SMK Penerbangan se Indonesia dan SMK Penerbangan Cakra Nusantara selain menjadi panitia juga merupakan satu satunya peserta dari Bali.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali sebagai SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) memiliki beberapa program keahlian dan konsentrasi, diantaranya:
1. Teknik Energi Terbarukan Konsentrasi Baterai, Surya, Hydro, Angin dan Biomasa
2. Teknik Pesawat Udara Konsentrasi Airframe Powerplant dan Electrical Avionics
3. Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Konsentrasi Penerbangan, Luar Angkasa dan Satelit, Kereta Api, LRT, MRT dan Kereta Cepat serta Perkapalan
4. Management Perkantoran dan Layanan Bisnis Konsentrasi Kebandaraan dan Industri Penerbangan, Stasiun Kereta serta Pelabuhan

Sebagai Sekolah Pelopor Pertama dan Satu-satunya SMK Penerbangan Pusat Keunggulan di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) siap mencetak SDM Terampil dan Kompeten tersertifikasi BNSP dan Industri, karena merupakan SMK Pusat Keunggulan, SMK Penggerak, SMK Teaching Factory, dan SMK Berkompetensi Lengkap.

Saat ini, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) membuka penerimaan Peserta Didik Baru 2022/2023, yang serba bebas,yakni bebas SPP, bebas uang pangkal, bebas uang gedung, bebas uang ujian, dan hanya bayar Seragam Rp1 juta saja. Hubungi HOTLINE 081 237 098 090, klik web www.smkpenerbangan.sch.id.

Ayo Bangkit dari keterpurukan bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara, SMK Pusat Keunggulan (Center of Excellence), Sekolah Penggerak 2021. Bersama SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara. Sekolah Penggerak Bangga Menginspirasi Bangsa ! (*)

Pewarta: Antaranews Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022