Polda Bali mengerahkan 5.100 personel dalam Operasi Ketupat Agung 2022 untuk pengamanan, antisipasi gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcarlantas saat perayaan Idul Fitri 1443 H.

"Prinsipnya Polda Bali dan segenap unsur terkait lainnya siap melakukan pengamanan. Jadi total keseluruhan dalam pelaksanaan kegiatan ini sekitar 5.100 personel," kata Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Jumat.
 
Saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar, Kapolda mengatakan puncak arus yang diperkirakan berdasarkan data pada saat ini bila dibandingkan tahun lalu, yaitu tahun baru di Pelabuhan Gilimanuk jumlah orang yang melintas di pelabuhan Gilimanuk sekitar 17.000 orang atau sekitar juga ada 4 ribu sampai 5 ribu kendaraan.

Baca juga: Polda Bali ungkap peredaran 39 kg narkoba sasar turis asing (video)
 
Sedangkan di Pelabuhan Padangbai diasumsikan juga dengan jumlah yang jauh lebih kecil yaitu sekitar 200 kendaraan sampai 600 kendaraan dengan jumlah orang sekitar mungkin hampir 4.000-an orang.
 
"Dari data-data tersebut itu jadi bahan evaluasi kami untuk menghadapi lonjakan harus mudik dengan pola menyiapkan kantong parkir. Dengan tujuan pengecekan apabila yang bersangkutan ada yang belum vaksin di kantong kantong parkir itu juga kita siapkan vaksin untuk vaksin booster ataupun vaksin kedua," katanya.
 
Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, meminta agar selalu berkoordinasi dan kerjasama dengan satgas COVID-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H dengan melakukan tes antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dan lainnya.

Baca juga: Kapolda Bali: aman, ketersediaan minyak goreng di pasaran
 
Hal itu bertujuan untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran COVID-19 di area-area yang rawan keramaian tersebut.

“Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan dengan aplikasi Peduli Lindungi. Kemudian satgas pangan juga berperan membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga,” katanya.


 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022