Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyosialisasikan Bali Mandara sebagai program pemerintah provinsi setempat kepada para siswa SMA di Denpasar, Selasa.

"Tahun ini pemerintah provinsi bersama pemkab/pemkot mengalokasikan dana sebesar Rp200 miliar bagi akses dan pelayanan kesehatan masyarakat. Sampai saat ini sudah enam juta warga yang terlayani Jaminan Kesehatan Bali Mandara. Ini merupakan salah satu program Bali Mandara," katanya saat berdialog dengan para siswa SMA di Auditorium RRI Denpasar,  Selasa.

Pada dialog yang dirangkaikan dengan hari jadi Radio Republik Indonesia (RR) ke-67 itu, Pastika dengan lugas memaparkan makna Bali Mandara dihadapan para siswa. Ia yang didampingi Kepala LPP RRI Denpasar Herman Zuhdi, juga berkesempatan menjawab beberapa pertanyaan para siswa mengenai program Bali Mandara.

Widyasari, siswa SMKN 5 Denpasar menanyakan mengapa masih banyak warga Bali yang belum memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik dan Yoga dari SMA Harapan menanyakan tentang usaha Pemprov Bali dalam mewujudkan program Bali bersih dan hijau (clean and green).

Mantan Kapolda Bali itu menjawab bahwa masih banyak warga Pulau Dewata yang belum mengetahui adanya program JKBM. Padahal itu ditujukan untuk membangun sumber daya manusia yang sehat dan kuat sehingga dapat membangun Bali dengan optimal.

Di akhir acara, gubernur menyerahkan hadiah kepada 10  orang pemenang kuis interaktif Bali Mandara, berupa masing-masing satu unit sepeda gunung sedangkan Ayu Pastika selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali memberikan paket alat-alat tulis kepada masing-masing pemenang.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012