Negara (Antara Bali) - Pengrajin mengeluhkan pengadaan kain endek untuk seragam PNS di Kabupaten Jembrana, karena dianggap hanya menguntungkan beberapa gelintir orang saja.

Informasi yang diperoleh dari kalangan pengrajin tenun di wilayah barat Bali, Minggu menyebutkan, Dinas Perindagkop setempat hanya memberikan order atau pesanan pengadaan kain endek kepada beberapa orang saja.

Dari salah seorang pngrajin yang tidak mau disebutkan namanya diketahui bahwa hanya beberapa orang saja yang mendapatkan pesanan kain endek dalam jumlah banyak, sehingga mereka sampai kewalahan untuk memenuhinya.

"Kalau pengrajin yang ditunjuk pemkab kewalahan mencukupi pesanan, kenapa ordernya tidak dibagi kepada kami?" kata seorang pengrajin.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengrajin yang memesan kain endek dari pihak lain yang berusaha di luar daerah ini.

"Itu ditemukan Pak Bupati langsung saat pameran kerajinan lalu. Di stand pengrajin Kabupaten Klungkung Pak Bupati melihat ada kain endek dengan motif khas Jembrana. Saat ditanya, penjaga stand bilang, kain itu merupakan pesanan dari pengrajin Jembrana untuk memenuhi pesanan pemkab," kata Kembang.(GBI/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012