Denpasar (Antara Bali) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali tidak melakukan inspeksi kehadiran pegawai negeri sipil pada hari pertama kerja, Jumat, setelah libur fakultatif tiga hari bertepatan perayaan Galungan.

"Kalau sehabis Galungan memang kami tidak mengadakan sidak (inspeksi mendadak) karena pegawai umumnya sudah sadar untuk bekerja kembali, walaupun sekarang hari Jumat," kata Sekretaris BKD Provinsi Bali Ketut Suarnawa, di Denpasar.

Pihaknya hanya mengadakan sidak untuk mengecek kehadiran PNS di 42 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Bali beberapa waktu lalu usai cuti bersama Idul Fitri.

Menurut dia, libur Galungan selama tiga hari (28-30/8) itu sudah rutin setiap tujuh bulan sekali, apalagi belum lama ini PNS sudah menikmati libur Idul Fitri. "Saya merasa yakin para PNS di lingkungan Pemprov Bali sudah terlatih untuk disiplin," kata Suarnawa.

Berdasarkan pengamatan ANTARA pada beberapa SKPD di lingkungan Pemprov Bali terlihat PNS yang beragama Hindu bekerja mengenakan pakaian adat karena bertepatan dengan ritual Purnama atau bulan purnama.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012