Denpasar (Antara Bali) - Seniman Bali yang sukses menggelar pameran di tingkat nasional dan internasional, Nyoman Erawan, menampilkan puluhan karya seni  di Tony Raka Galeri, Desa Mas, perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, mulai Minggu.

"Pameran kali ini menyuguhkan 50 karya kanvas, 50 sket dan tujuh karya  instalasi yang berlangsung selama sebulan hingga 25 September 2012," kata Erawan menjelang pembukaan pameran tersebut.

Pada pembukaan pameran yang berlangsung Minggu malam, sekaligus dilakukan peluncuran bukunya berjudul  "Salvation of the Soul".

Pria kelahiran Sukawati, Kabupaten Gianyar yang juga alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta,  pada acara pembukaan itu menampilkan karya kolaborasi antara seni lukis, seni tari, seni musik dan tabuh.

Penampilan "performance Art ritus wajah digoreng-goreng" disaksikan sejumlah undangan yang terdiri para seniman, budayawan dan masyarakat sekitar.

Materi pameran yang ditampilkan kali ini, beda dengan pameran-pameran sebelumnya. Nyoman Erawan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2009-2012) mengambil keputusan untuk menampilkan gambaran wajah dan tubuh (diri) dalam lukisan abstraknya.

Keputusan itu diambil sebagai langkah perkembangan artistik yang menjanjikan persoalan menarik, bagaimana gambaran sosok yang nampak ragawi itu mesti ada di dalam susunan dan konstruksi gagasan estetik yang  bersifat abstrak.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012