Pemerintah Kabupaten Badung, Provinsi Bali, mendorong para seniman, khususnya seniman muda di wilayah itu, agar tetap kreatif meskipun saat ini berada di masa pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa di Badung, Minggu mengatakan salah satu wujud dari proses kreatif yang terus dilakukan selama masa pandemi telah ditunjukkan para seniman muda Badung melalui pergelaran Gema Raga Muda Kreatif dan Mandiri di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Badung.

"Kami bangga dan sangat mengapresiasi seniman muda Badung. Meskipun di tengah pandemi, mereka mampu menampilkan ide kreatif melalui karya seni baru sehingga dapat menambah khasanah budaya, khususnya di bidang seni karawitan dan seni tari, yang ditunjukkan dalam pementasan itu," ujarnya.

Baca juga: Pawai Ogoh-Ogoh di Badung dapat dilaksanakan sesuai kondisi desa adat

Ia mengatakan pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Listibiya Badung akan terus mendorong agar kegiatan penyajian karya seni baru di bidang musik dan tari oleh para seniman muda itu nantinya dapat tetap berlanjut.

"Kami apresiasi, kegiatan ini sangat luar biasa. Nanti kami akan dukung dengan tidak hanya menyediakan tempat, namun kedepan kami akan berupaya memberikan stimulus melalui anggaran APBD Badung," katanya.

Sementara itu, ketua panitia pementasan I Wayan Muliyadi mengungkapkan dirinya bersama para seniman lainnya berterima kasih kepada Pemkab Badung yang sudah mendukung penuh seniman muda dalam berkarya, seperti dengan menyediakan lokasi pementasan yang sangat representatif.

Terkait kegiatan seni Gema Raga, menurutnya, itu merupakan sebuah wadah bagi para seniman, khususnya seniman-seniman muda, untuk menampilkan hasil kreativitasnya.

Ia menjelaskan kegiatan itu juga memiliki nilai akademis tinggi, dimana seniman bukan saja dituntut menunjukkan karyanya, namun juga harus mampu mempertanggungjawabkan karyanya melalui sesi tanya jawab dengan penonton yang hadir maupun penonton yang menyimak melalui media sosial.

Baca juga: Pemkab Badung mulai laksanakan vaksinasi "Booster" COVID-19

"Kegiatan ini murni kegiatan mandiri seniman muda Badung. Pendanaan yang kami dapat, hasil dari kerja keras dan loyalitas kami. Melalui gema raga ini kami tunjukkan bahwa seniman muda di Badung memiliki loyalitas akan seni dan loyal kepada daerah Badung," ucap Wayan Muliyadi.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022