Denpasar (Antara Bali) - Pembagian beras untuk rakyat miskin (raskin)  ke-13  pada 2012 dimajukan ke bulan Agustus, yang biasanya disalurkan akhir tahun.

"Dimajukannya penyaluran raskin ke rumah tangga sasaran (RTS), sesuai  dengan surat keputusan Gubernur Bali tentang tambahan pagu tersebut," kata Sekretaris Satuan Kerja (Satker) Perum Bulog Divisi Regional Bali, Nyoman Karta, Jumat.

Surat tersebut sesuai dengan permintaan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) yang telah menyiapkan anggaran raskin itu. Menko Kesra meminta pemerintah daerah membagikan raskin ke-13 pada bulan ini.
    
"Penyaluran beras itu secara nasional dilakukan pada bulan ini karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri, termasuk di Bali yang sebagian besar warga akan merayakan Galungan," ujarnya.

Menurut Karta, pertimbangan itulah yang membuat pembagian dimajukan. Tujuannya adalah untuk membantu RTS memenuhi kebutuhan pada saat hari raya keagamaan itu, baik Lebaran ataupun Galungan bagi umat Hindu di Pulau Dewata.     

Jumlah raskin yang harus disalurkan pada bulan ini sebanyak 5,4 juta ton dengan penerimanya adalah 180.862 kepala keluarga.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012