Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya meluncurkan Desa Tunjuk sebagai Desa Digital yang menggunakan teknologi informatika dalam melayani masyarakat desa melalui aplikasi program inovasi "Desa Bersama Smart City" (Debest).

Humas Pemkab Tabanan dalam keterangan tertulis yang diterima di Tabahan, Bali, Jumat, melaporkan peluncuran Desa Digital itu dilaksanakan Bupati Gede Sanjaya di Balai Banjar Tunjuk Kaja, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kamis  (9/12).

"Desa digital adalah jawaban atas tantangan di era revolusi industri 4.0, di mana konsep pembangunan pedesaan dari desa digital adalah pemberdayaan masyarakat dengan sarana teknologi informasi yang memadai," katanya.

Baca juga: Pemkab Tabanan dan TNI-Polri siap antisipasi cuaca ekstrem

Peluncuran Desa Tunjuk menjadi Desa Digital itu dapat terwujud dengan didasari oleh semangat inovatif, optimis yang tinggi dan percaya diri pada masyarakat dengan harapan mewujudkan kemandirian dan kedaulatan masyarakat desa.

"Dengan desa digital ini, semua aspek kehidupan di desa dan di kota bisa terjadi transformasi informasi, mulai dari ekonomi, politik, hukum, budaya, sosial, pendidikan, pertanian serta kesehatan, sehingga masyarakat desa ke depan tidak lagi tertinggal oleh informasi, serta mendapatkan pelayanan cukup cepat lewat aplikasi administrasi, data, dan sebagainya," katanya.

Menurut dia, kerja sama Desa Tunjuk dengan perusahaan penyedia aplikasi Debest dan Iconnet itu diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Tabanan sebagai yang pertama menyelesaikan program Bali Smart Island secara mandiri dengan dukungan lembaga keuangan di tingkat pedesaan yang saling berintegrasi secara optimal.

Baca juga: KPK dalami dugaan korupsi DID Kabupaten Tabanan

"Konsep desa mandiri ini akan berkembang apabila pembangunannya telah didukung oleh jaringan infrastruktur komunikasi yang sudah memadai. Ini merupakan bagian dari visi Tabanan yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana, menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan mandiri," katanya.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021