Koordinator Pelayanan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Bali-NTB, I Nyoman Agus Sugiarta mengatakan jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 situasi penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali masih terpantau sepi.
 
"Meski sebentar lagi perayaan Natal dan Tahun Baru, situasi di pelabuhan masih sepi, landai. Lalu tidak ada tanda-tanda peningkatan (jumlah penumpang-transportasi) yang menyeberang," kata Koordinator Pelayanan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Bali-NTB, I Nyoman Agus Sugiarta saat dihubungi melalui telepon di Denpasar Bali, Senin.
 
Ia mengatakan untuk situasi keberangkatan dan kedatangan juga terbilang masih normal dan belum menunjukkan tanda-tanda kepadatan arus transportasi.

Baca juga: Ratusan penumpang tujuan NTB gunakan GeNose di Padangbai
 
Dalam satu hari, kata Agus Sugiarta ada 13 trip dengan total kapal yang beroperasi sebanyak 25 kapal. Selain itu juga tidak ada pembatasan jumlah kapal yang beroperasi.
 
"Ada 13 trip dalam satu hari 24 jam dengan total kapal 26. Namun, ada docking 1 kapal dan yang beroperasi 25 kapal," katanya.
 
Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 gelombang ketiga, langkah-langkah pengawasan tidak jauh berbeda dengan yang sudah diterapkan sebelumnya. Mulai dari l pengetatan pemeriksaan dokumen perjalanan dan pelaksanaan prokes lebih ketat juga.

Baca juga: Cegah varian delta, pelabuhan-bandara di Bali diperketat
 
Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, mengeluarkan aturan terbaru mengenai perjalanan saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 No.24 tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyakarat selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi COVID-19.
 
Surat edaran tersebut bertujuan melakukan pengaturan, pengawasan dan evaluasi dalam rangka pengendalian laju penularan COVID-19 selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021