Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Bali menargetkan 13.600 penduduk di Pulau Dewata itu tuntas divaksinasi COVID-19 pada Desember 2021.
 
"Pada Bulan Desember ini, kami menargetkan melaksanakan vaksinasi terhadap 13.600 orang," kata Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Bali Brigjen Pol. Hadi Purnomo, disela-sela kegiatan vaksinasi di Masjid Al-Ihsaan Inna Grand Bali Beach, Sanur, Sabtu.
 
Menurut dia, Pemerintah menganggap vaksin kedua ini belum mencapai target, sehingga pemerintah melakukan vaksin secara masif.
 
"Penyebaran COVID-19 belum selesai, yang terlihat dari munculnya varian baru, yaitu Omicron, di beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura dan Australia," katanya.

Baca juga: Cegah Omicron, jalur keluar-masuk Bali diperketat

Terkait vaksinasi dan pengawasan protokol kesehatan ini, BIN Daerah Bali juga menyasar di pintu-pintu keluar-masuk Bali sebagai jalur wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.
 
Pemerintah pusat menargetkan sasaran vaksinasi sebanyak 13.600 orang di Bali, khusus untuk Bulan Desember 2021. Pada November lalu, BIN Bali menuntaskan vaksinasi melebihi target 3.000 orang menjadi 3.200 orang.
 
Ia mengatakan vaksinasi dengan sistem dari rumah ke rumah ini bertujuan untuk menjangkau penduduk pendatang yang belum tersentuh vaksin. Kata dia, vaksinasi ini menyasar berbagai kalangan masyarakat, baik yang mengantongi kartu tanda penduduk (KTP) Bali maupun luar Bali.

 
 
"Untuk daerah Bali, vaksinasi dosis pertama sudah melampaui target di atas 100 persen dan vaksinasi dosis kedua belum melampau 89 persen. Bila dibandingkan dengan provinsi lain, karena ada 16 provinsi yang masih tertinggal untuk vaksin, Bali ranking 2 setelah Jakarta," ujarnya.
 
Vaksinasi massal turut menyasar seluruh wilayah kabupaten/kota di Bali, dan selanjutnya pada 8 Desember 2021 akan menyasar di wilayah Banjar Munang-Maning, Desa Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat, lalu 9 Desember 2021 di Kabupaten Karangasem dan 13 Desember 2021 di Kabupaten Tabanan.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021