Ratusan pesepeda melintasi desa wisata dalam "Wisata Olahraga Hidup Sehat Series 2021" yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan Citilink melalui jalur Kabupaten Klungkung, Gianyar, dan Bangli di Provinsi Bali.

Sport tourism atau wisata olahraga dengan bersepeda berkeliling desa wisata di Bali itu diikuti oleh 150 pesepeda dengan melewati kawasan desa wisata, untuk membangkitk¹an dan mempromosikan Pariwisata Bali.

Sebelumnya, CitiSport yang merupakan sebuah komunitas olahraga Citilink menyelenggarakan kegiatan olahraga tahunan di kota-kota besar seperti Bandung, Banyuwangi, Belitung dan Yogyakarta. Bali pada Sabtu.

Tahun 2021 ini semakin berkembang karena mendapat dukungan dari Kementerian koordinasi kemaritiman dan investasi Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif serta Kementerian pemuda dan olahraga.

"Acara ini telah diselenggarakan secara perdana di Mandalika pada Maret lalu. Dari Mandalika, acara berlanjut ke Borobudur yang diselenggarakan pada Juni 2021 dan kembali digelar di Bali sebagai penutup rangkaian acara Hidup Sehat Series di tahun ini,” kata Direktur Utama Citilink Juliandra di Bali pada Sabtu.

Baca juga: FRG Cycling bidik potensi "sport tourism" di Bali

Juliandra menambahkan kegiatan bersepeda ini diselenggarakan untuk mempromosikan destinasi wisata dan UMKM lokal di Bali sebagai pemulihan ekonomi serta dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Acara yang mengedepankan sport tourism ini diharapkan dapat menggerakkan wisatawan untuk kembali berwisata di Bali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga dapat mendukung pemulihan ekonomi daerah. 

Selain itu, acara berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang dijalankan oleh seluruh peserta yakni tes PCR sebelum acara, menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, menjaga jarak, pengukuran suhu tubuh, pelepasan pleton sepeda yang dilakukan secara bertahap serta desinfeksi di seluruh lokasi kegiatan.

Para pesepeda memulai start di sebuah hotel yang terletak di kawasan Pantai Lepang, Kabupaten Klungkung sekitar pukul 06.00 Wita dengan perjalanan melewati kawasan desa wisata di Kabupaten Gianyar dan Bangli.

Jarak perjalanan yang ditempuh sejauh 79 Kilometer dengan memakan waktu sekitar 6 jam, para pesepeda menikmati keindahan alam pedesaan dan budaya lokal Bali, sebelum kembali ke garis finish.


Baca juga: HDCI dukung pemerintah bangkitkan sektor ekonomi-pariwisata di Bali

Salah satu desa wisata yang dikunjungi para pesepeda yakni Desa Wisata Penglipuran dengan melintasi jalan yang bertanjak dan melintasi hutan bambu.

Artis Ira Wibowo yang ikut serta dalam kegiatan Hidup Sehat Series 2021 tersebut mengatakan sangat antusias dengan digelarnya acara bersepeda berkeliling desa wisata di Bali.

“Tracknya lumayan, di Ubud dan Kintamani pastinya banyak jalan tanjakan, cuma kebetulan saya salah bawa sepeda tapi happy, semuanya kompak, budayanya dapat dan olahraganya dapat,” katanya.

Ia berharap semoga pariwisata Bali kembali pulih dan mudah-mudahan kasus COVID-19 tidak bertambah parah serta kita tetap berdoa agar pandemi ini cepat berakhir

Pewarta: Nyoman Hendra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021