PLN UID Bali mengembangkan potensi Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, sebagai  "Desa 100 Persen PLN Mobile" dengan memastikan kebutuhan listrik seluruh pelanggan, baik untuk kebutuhan rumah tangga, maupun pengembangan usaha seperti peternakan, perikanan, pertanian, pariwisata, hingga UMKM.

Salah satu desa di Tabanan yang juga memiliki potensi wisata alam di Kecamatan Baturiti, yang berada dekat dengan kaki Gunung Batukau itu tak hanya menawarkan pemandangan alam, namun juga wisata air panas dan pengembangan wisata kreatif lain, seperti areal berkemah untuk ecotourism.  

Humas PLN Bali dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin, melaporkan dukungan PLN tak hanya memperluas jaringan untuk memenuhi kebutuhan listrik utamanya di kawasan perbukitan, namun PLN melalui program PLN Peduli juga telah memberikan bantuan sambung listrik usaha peternakan, yakni kandang sapi dan kandang babi. Selain itu bantuan sambung listrik juga diberikan untuk membantu usaha budidaya ikan koi.

Dukungan lain di bidang pertanian, PLN menyediakan peralatan hidroponik dan instalasi kelistrikannya sehingga masyarakat memiliki pilihan lain dalam mengembangkan usaha pertaniannya.

PLN juga menyadari geliat UMKM yang turut berkontribusi pada perekonomian Desa Angseri, karenanya PLN juga turut memberikan bantuan peralatan elektronik serta pelatihan digital marketing untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku usaha setempat.

General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana mengatakan potensi Desa Angseri yang begitu besar harus didukung oleh banyak pihak. Hal tersebut dikatakan saat meresmikan Desa Angseri sebagai "Desa 100 persen PLN Mobile" di Balai Desa Angseri, Senin (22/11).

“Kini Desa Angseri telah 100 persen menggunakan PLN Mobile, ke depannya kami berharap jika pelanggan di desa ini membutuhkan pelayanan PLN cukup melalui aplikasi saja tidak perlu harus jauh pergi ke kantor-kantor pelayanan PLN,” kata Udayana.

Ia juga memberi perhatian khusus agar kelak Desa Angseri mampu menjadi Desa Digital yang melek terhadap teknologi.

“PLN mendukung digitalisasi Desa Angseri yang nantinya mampu mengelola pariwisata dan usaha lainnya secara digital. Untuk itu, kami berkomitmen untuk membantu Desa Angseri dengan memperbanyak infrastruktur listrik dan internet melalui anak usaha kami Icon+,” kata Udayana. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021