Tasikmalaya (Antara Bali) - Petugas gabungan menemukan daging hati sapi bercacing saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis.

Cacing yang terdapat pada hati sapi seberat 1/2 kilogram itu, langsung dibeli oleh petugas untuk selanjutnya dimusnahkan karena tidak layak jual atau dikonsumsi manusia.

"Hati yang ditemukan ada cacingnya itu, diperkirakan dari sapi yang mengalami sakit. Mungkin sakit yang diderita hewan itu tidak terlalu berat," kata petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya Drh Aceu Siti Maemunah.

Sidak tersebut digelar bersama petugas gabungan terdiri dari Satol PP, kepolisian, kejaksaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Metrologi serta lembaga swadaya masyarakat bidang konsumen.

Sidak yang dimulai pukul 10.00 WIB itu, dilakukan dengan menyebarkan petugas ke sejumlah tempat di pasar Cikurubuk serta pasar modern seperti Yogya dan Asia Plaza.

Dalam sidak itu, diakui Aceu terlalu kesiangan sehingga tidak dapat memeriksa seluruh daging atau hati yang dijual di Pasar Cikurubuk.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012