Bupati Karangasem, I Gede Dana melepas delapan truk pengangkut ribuan beras dari Program "KORPRI Mengabdi" untuk disebar kedelapan kecamatan se-Kabupaten Karangasem di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Rabu.

Beras sejumlah 7.755 kantong dengan per kantongnya seberat 5 kilogram akan disalurkan kepada masyarakat Karangasem yang terdampak Pandemi COVID-19. Bantuan beras dari CSR itu sebanyak 1.683 paket beras akan disebar ke Kecamatan Selat dan Kubu. Sisanya sebanyak 6.072 kantong bersumber dari Program "KORPRI Mengabdi dan Berbagi" tahap II akan disebar ke-6 kecamatan sisanya.

Sekda Sedana Merta selaku Ketua KORPRI melaporkan, program "KORPRI Mengabdi dan Berbagi" Tahap I telah dilaksanakan pada 13 Agustus 2021 dengan menyasar seluruh desa dan kelurahan di delapan Kecamatan se-Kabupaten Karangasem sebanyak 6.000 paket beras kemasan 5 kg.

"Bantuan ini merupakan program KORPRI Karangasem yang disambut baik masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang melanda, sehingga program ini dilanjutkan pada Tahap II dengan kegiatan yang sama yaitu penyaluran beras kemasan 5 kg kepada masyarakat terdampak COVID-19 serta Lansia di seluruh desa dan kelurahan se-Kabupaten Karangasem," katanya.

Baca juga: Bupati Karangasem ajak umat Hindu "mulat sarira" maknai Galungan saat COVID-19

Mekanisme penyaluran, dari usulan kepala desa atau perbekel ke Camat akan disampaikan langsung ke KORPRI, lalu ke KORPRI kembali ke kepala desa atau perbekel untuk diteruskan ke masyarakat.

“Kami ingin ikut serta meringankan beban masyarakat apalagi menjelang Hari Raya Kuningan yang akan kita rayakan bersama pada 20 November 2021. Bantuan beras bersumber dari petani lokal Karangasem ini dibeli dari sumbangsih dana sosial ribuan anggota KORPRI secara berjenjang dari 78 desa se-Kabupaten Karangasem yang kemudian kami disalurkan kepada masyarakat yang terdampak di delapan kecamatan dalam bentuk paket beras 5 kilogram,” ujar Sekda Sedana Merta.

Bupati Gede Dana mengapresiasi rasa gotong royong yang dilakukan anggota KORPRI dalam menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat. Ia berharap rasa gotong royong ini perlu dilanjutkan dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Saya sebagai bupati sangat mengucapkan terimakasi kepada KORPRI. Semoga beras ini bermanfaat dan utamakan diberikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan," katanya.

Hadir dalam di lokasi tersebut yakni seluruh camat se-Kabupaten Karangasem dan sejumlah Kepala OPD terkait.


Beras PKK
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, Ny. Nuriasih Gede Dana, menyerahkan bantuan beras tersebut secara simbolis kepada sembilan orang Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Kubu dan 14 orang Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Abang dengan sasaran masing-masing desa sebanyak lima orang KK/Kepala Keluarga dan masing-masing orang menerima sebanyak 10 kilogram beras.

"Beras yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat menjadi bantuan yang sangat penting disalurkan kepada masyarakat dimasa pandemi ini. Nantinya yang akan menerima bantuan beras ini adalah warga masyarakat yang terkena PHK Sektor Pariwisata sebagai dampak Pandemi COVID-19, Warga Lanjut Usia, warga Penyandang Disabilitas dan Kader PKK yang kurang mampu," ujar Ny. Nuriasih Gede Dana.

Baca juga: PKK Bali salurkan BKK Rp500 juta untuk PKK setiap kabupaten/kota

Dalam sambutannya, ia menyampaikan sampai saat ini dampak Pandemi COVID-19 masih sangat dirasakan di masyarakat, karena perputaran ekonomi belum berjalan normal sebagaimana biasa, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya masyarakat yang ekonominya tergolong rendah.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, Ny. Nuriasih Gede Dana, menyerahkan bantuan beras
secara simbolis kepada sembilan orang Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Kubu dan 14 orang
Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Abang dengan sasaran masing-masing desa
sebanyak lima orang KK/Kepala Keluarga dan masing-masing orang menerima sebanyak 10 kilogram beras.
(Antara News Bali/HO-Humas Pemkab Karangasem/2021)


"Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten untuk membantu masyarakat agar bisa segera keluar dari situasi seperti sekarang ini. Saya juga tidak ingin bantuan ini tertumpuk terlalu lama mengingat ini adalah kebutuhan pokok masyarakat, sehingga pada kesempatan yang baik ini bantuan beras langsung saya salurkan," ungkap Ny. Nuriasih Gede Dana.

Ny. Nuriasih Gede Dana juga menekankan agar bantuan ini dapat langsung diteruskan kepada masyarakatnya yang memenuhi kriteria tersebut. "Melalui kesempatan ini kami dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem juga terus mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan serta meningkatkan kerja sama dalam upaya mencegah dan mengurangi penyebaran COVID-19," katanya.

Penyerahan bantuan ini akan terus berlangsung ke Kecamatan Bebandem, Manggis, Karangasem, Sidemen, Selat, Rendang.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021