Jakarta (Antara Bali) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Kementerian Kesehatan aktif mencegah peredaran pangan dan jajanan anak yang berbahaya karena mengandung bahan-bahan yang seharusnya tidak ada dalam makanan seperti pewarna tekstil atau boraks.

"Ini sebetulnya harus ada kerja sama antara orang tua dan sekolah untuk memberikan anak-anak pengertian dan mereka juga diajari untuk mengenali pangan dan jajanan yang sehat dan tidak sehat," kata Presiden usai rapat koordinasi upaya peningkatan pembangunan di bidang kesehatan dengan jajaran Kementerian Kesra di gedung Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.

Anak-anak seringkali menjadi korban dari pangan dan jajanan berbahaya karena belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mengenali makanan yang berkualitas sehingga Presiden meminta anak sekolah diberikan pengetahuan yang cukup.

"Pemerintah, sekolah, dan jajaran Kementerian Kesehatan di seluruh daerah juga harus aktif untuk melakukan upaya menjamin keamanan atas pangan jajanan anak sekolah tersebut. Saya tidak senang kalau mendengar berita, menerima SMS, membaca koran, ada kasus-kasus keracunan anak sekolah kita, tolong itu diberantas dan dicegah sebaik mungkin," kata Presiden.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam penelitiannya mengenai keamanan dan kualitas pangan dan jajanan di sekitar Sekolah Dasar pada 2008 sampai 2010 menemukan sekitar 48 persen jajanan mengandung bahan-bahan berbahaya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012