Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster meminta jajaran PKK memainkan peran strategis dengan terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan, meskipun kasus COVID-19 di Pulau Dewata terus menurun.

"Saya tetap mewanti-wanti masyarakat agar tidak abai menggunakan masker, meski pandemi saat ini terbilang terkendali," kata Putri Koster dalam kegiatan aksi sosial menyapa dan berbagi di Jabupaten Jembrana, Selasa.

Menurut istri Gubernur Bali itu, PKK merupakan mesin yang mendukung dan menggerakkan program pemerintah hingga ke hilir terkait sosialisasi penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin.

Dalam kesempatan itu, Putri Koster mengingatkan agar PKK kabupaten bisa mengayomi semua kepengurusan di bawahnya dalam mencapai tujuan organisasi.

"Misalnya, membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya di lingkungan kabupaten, maupun dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Bali pada umumnya," ujarnya.

Baca juga: Prokes dan vaksinasi jadikan Pemkot Denpasar masuk nominasi anugerah Tangguh Adhiwirasana

Terkait dengan aksi sosial tersebut, katanya, merupakan kegiatan yang sengaja dirancang dengan menggeser beberapa kegiatan yang dianggap kurang relevan dengan situasi pada saat ini.

"Supaya menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat dan menyentuh kepentingan masyarakat paling bawah yang terdampak pandemi COVID-19. Terlebih lagi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan yang tentunya menimbulkan kebutuhan keluarga semakin meningkat," ucapnya.

Menurut dia, kunjungan kerja tersebut juga untuk memperhatikan perkembangan balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan mengalami gizi buruk/ kurang, para lansia, ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK) yang memiliki potensi melahirkan anak stunting dan anak-anak disabilitas.

Putri Koster juga mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk selalu peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Apabila memiliki rezeki lebih agar turut serta menumbuhkan kembali semangat berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

"Mari gelorakan terus semangat dan motivasi untuk menggerakan PKK dengan bakti dan karya nyata, bekerja tanpa pamrih, fokus, tulus dan lurus. Sekaligus bersama mengembangkan daya inovasi dan kreativitas untuk kelangsungan program-program PKK yang selaras dengan garis kebijakan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ucapnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021