BPR Kanti bekerja sama dengan Sparkassentiftung Jerman menggelar pendidikan dan pelatihan bagi SDM koperasi se-Bali serangkaian Peringatan Hari Koperasi Tahun 2021 di Kabupaten Gianyar, Bali.

Direktur Utama BPR Kanti, I Made Arya Amitaba, Kamis, mengatakan pelatihan SDM ini untuk menambah pengetahuan, sehingga diharapkan sumber daya manusia (SDM) bisa memahami dan melakukan analisa laporan keuangan.

Ia mengatakan Micro Business Game (MBG) adalah pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan untuk semua masyarakat yang ingin belajar dalam praktek untuk keberhasilan dan keberlanjutan usaha kecil dapat ditingkatkan.

“SDM BPR hampir sama dengan SDM yang ada di koperasi, sehingga palatihan ini sangat berguna sekali bagi sumber daya yang dimiliki oleh koperasi tersebut," ucapnya.

Dikatakannya, mengapa menyasar Koperasi karena beberapa bulan lalu tepatnya pada bulan april BPR Kanti mangadakan kerjasama dengan LPD dan Koperasi. Inti dari kerjasama tersebut adalah penguatan lembaga keuangan daerah, dengan kuatnya lembaga keuangan daerah maka ekonomi masyarakat kecil bisa digerakan.

"Fungsi BPR Kanti nantinya akan memberikan bantuan modal kerja kepada koperasi sebesar Rp74 miliar," ucapnya.

Ia mengatakan dengan bantuan Rp74 milyar ini kepada koperasi, diharapkan roda koperasi akan bergerak kembali sehingga koperasi bisa menyalurkan dana kepada anggotanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, I Wayan Mardiana mengatakan pelatihan ini sangat baik dalam rangka mengembangkan tata kelola koperasi, khususnya di Bali.

"SDM koperasi akan dapat meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada anggota," katanya.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021