Pimpinan Yayasan Bina Ilmu Bali, You Hojong, dan Konsulat Jenderal (Konjen) Korea Selatan menyerahkan bantuan berupa makanan ke Dapur Umum Gotong Royong Jaba Paon Kota Denpasar, dalam upaya membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara saat bertatap muka dengan Konsul Jenderal Korea Selatan untuk Bali Moon Young-ju, Pimpinan Yayasan Bina Ilmu Bali You Hojong di Denpasar, Kamis, mengatakan pihaknya berterima kasih atas kerja sama dan berkolaborasi menghadapi pandemi ini.

“Kami menyambut baik kolaborasi bersama dalam semangat gotong royong melalui konsep “menyama braya” atau persaudaraan untuk sesama dari Yayasan Bina Ilmu Bali yang dikoordinir oleh Konsul Jenderal Korea Selatan bersama para ekpatriat dengan tulus dan ikhlas membantu masyarakat Kota Denpasar yang terdampak di masa pandemi COVID-19," ujar Wali Kota Jaya Negara.

Baca juga: Dinsos Denpasar salurkan sembako ke warga jalani isoman

Menurut Wali Kota Jaya Negara, keberadaan Dapur Umum Gotong Royong Jaba Paon Denpasar yang berlokasi di Jalan Kaliasem telah bergerak sejak bulan Juni 2020 yang saat ini bersamaan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Denpasar terus dioperasikan.

Hingga saat ini gerakan gotong royong di Dapur Umum Jaba Paon telah memberikan manfaat serta dirasakan masyarakat yang setiap harinya sebanyak 1.000 nasi bungkus disebarkan kepada masyarakat yang membutuhkan hingga warga yang masih melaksanakan isolasi mandiri.

Langkah ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti TNI, Polri, Gerakan Pramuka dan relawan dari masyarakat umum serta dari jajaran perguruan tinggi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Bina ilmu Bali yang juga telah banyak menyalurkan CSR sebelumnya berupa sembako dan alat kesehatan serta berharap kerja sama antar ekspatriat yang tinggal di Kota Denpasar tetap berjalan dan penuh semangat bersama untuk menangulangi COVID-19 melalui program Dapur Umum Gotong Royong Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Baca juga: Dinsos Denpasar bagikan 7.376 paket sembako untuk warga isoman

Sementara Pimpinan Yayasan Bina Ilmu Bali, You Hojong menyampaikan bahwa kerja sama antara Yayasan Bina Ilmu Bali dan Bagian Kerjasama Pemkot Denpasar yang menggandeng Dapur Umum Jaba Paon sebagai lokasi berlangsungnya kegiatan penyaluran nasi bungkus bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 terlebihnya dari segi finansial.

Program ini juga didukung oleh adanya campur tangan Bali Korean Consulate dan juga Bali Karcan Association yang turut bekerja sama dalam persiapan dan berlangsungnya program ini.

You Hojong menjelaskan Yayasan Bina Ilmu adalah yayasan berbasis di Korea Selatan bergerak di bidang pendidikan dan kegiatan sosial.

"Sejauh ini dalam bidang pendidikan, kami melakukan pelatihan Bahasa Korea dengan harga terjangkau yang menargetkan masyarakat umum dari SD hingga SMP. Selain itu kami aktif meningkatkan kegiatan CSR kepada masyarakat sekitar dan melalui kerja sama dengan Bidang Kerjasama Wali Kota Denpasar.

"Keberlanjutan pelaksanaan di Dapur Umum Jaba Paon selama sebulan pada September akan melaksanakan kegiatan mendonasikan nasi bungkus style Korea sebanyak 1.000 bungkus," ujarnya.

Konsul Jenderal Korea Selatan untuk Bali Moon Young-ju menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai langkah bersama dalam membantu sesama yang diprakarsai Pimpinan Yayasan Bina Ilmu Bali You Hojong serta Pimpinan Asosiasi Korea Bali Moon Young-ju berharap masa pandemi ini dapat segera berlalu dan kehidupan masyarakat Bali dapat kembali bangkit, serta wisatawan dapat hadir menikmati keindahan Pulau Bali.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021