Dua desa wisata di wilayah Kabupaten Badung, Bali, yaitu Desa Wisata Pecatu dan Desa Sangeh, berhasil meraih penghargaan dalam ajang "Trisakti Tourism Award tahun 2021".

Penghargaan tersebut adalah kategori Special Recognition untuk Desa Wisata Pecatu dan Juara Harapan Dua untuk Desa Sangeh di kategori Desa Wisata Berbasis Alam.

"Upaya serta optimisme kami dalam mendorong pemerintah desa dan masyarakat untuk menunjang pariwisata akhirnya berbuah prestasi. Kami berterima kasih kepada DPP PDI Perjuangan telah memberikan penghargaan ini" ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Baca juga: Karangasem sabet terbaik 1 Nasional di ajang bergensi "Trisakti Tourism Award 2021"

Ia mengatakan, penganugerahan Trisakti Tourism Award 2021 dimaknai dengan pengamalan pariwisata Trisakti dalam penerapan kepariwisataan di Indonesia berdasarkan pilar politik, ekonomi, dan budaya.

"Dalam era transisi recovery (pemulihan) pandemi COVID-19, Trisakti Tourism Award tahun ini diikuti sebanyak 242 Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Mandiri di Indonesia dengan kategori Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Berbasis Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Kuliner," katanya.

Bupati Giri Prasta menjelaskan, dua desa yang meraih penghargaan itu memiliki keunggulannya masing-masing. Menurutnya, Desa Pecatu merupakan salah satu objek wisata favorit di Bali, dengan pemandangan laut dari atas tebing.

"Uluwatu terkenal dengan puranya yang terletak di atas tebing yang curam dan tempat bagi wisatawan yang ingin menyaksikan sunset dengan siluet pura dan laut yang dimana bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat," ungkap Bupati.

Baca juga: Desa Pujungan-Tabanan raih "Trisakti Tourism Award 2021"

Sedangkan Desa Wisata Sangeh yang mengedepankan ekosistem dengan hutan lindung yang memiliki area hutan tempat habitat kera yang cukup jinak dan rimbunnya pepohonan hijau akan bisa menjadikan destinasi wisata yang akan mendatangkan wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

"Sangeh sebagai kawasan Objek Taman Wisata Alam (OTWA), mempunyai potensi wisata desa yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Sekali lagi kami berterima kasih kepada DPP PDI Perjuangan atas penghargaan ini," ujar Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021