Lumajang (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menggelar pujawali atau persembahyangan bersama serangkaian upacara Pujawali Krama di Pura Mandara Giri Semeru Agung, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat.

"Sebagai umat Hindu, kami harus melakukan pemujaan ke berbagai tempat suci salah satunya di Pura Mandara Giri, untuk memohon keselamatan dan meningkatkan bakti umat kepada Sang Hyang Widhi untuk keajegan Bali," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali, I Made Djendra.

Lebih dari 230 umat Hindu pada jajaran Pemprov Bali dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) turut serta dalam rombongan tirtayatra atau perjalanan suci untuk persembahyangan itu.

Menurut dia, Sang Hyang Pasupati yang berstana di pura itu, telah berjasa mengajegkan atau menegakkan dan mengokohkan Pulau Dewata, dengan memberikan sebagian puncak Semeru sebagai penyeimbang di Bali.

Puncak gunung itu kini dipercaya merupakan Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lumajang,  Edi Sumianto mengatakan bahwa upacara Pujawali Krama itu  digelar mulai Selasa (3/7) hingga Jumat (13/7) atau Ida Bhatara "nyejer" atau turun ke bumi selama sepuluh hari.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012