Nusa Dua (Antara Bali) - PT Bank Negara Indonesia Tbk mengalokasikan dana Rp445 miliar untuk membiayai pembangunan jalan tol di atas perairan yang menghubungkan Denpasar-Nusa Dua.

"Dana tersebut sekitar 25 persen dari total pembiayaan yang dialokasikan oleh sindikasi perbankan nasional," kata Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi BNI  Dwi Mutiari, usai penandatanganan sindikasi perbankan nasional di Nusa Dua, Senin.

Dia mengatakan, dana pinjaman dari sindikasi perbankan adalah 70 persen dari total pembiayaan pembangunan infrastruktur untuk KTT APEC yang ada digelar di Pulau Dewata, pada 2013.

Menurut Dwi, jumlah yang sama dianggarkan oleh Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia, sedangkan sisanya dari BCA, BTN dan BPD Bali. "Pinjaman tersebut dalam kurun waktu 10 tahun," ucapnya.
    
Dwi menuturkan, selain mendanai pembangunan jalan tol perintis di Bali itu, pihaknya telah melakukan hal sama di beberapa daerah lainnya. Dia mencontohkan, pendanaan untuk pembangunan jalan tol Semarang-Solo dan Surabaya-Mojokerto.

Pendanaan di sektor infrastruktur tersebut, merupakan bagian dari delapan fokus pembiayaan yang dibidik oleh BNI saat ini.

"Total dana yang dikucurkan BNI untuk membiayai pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia sebanyak Rp4,1 triliun," ujarnya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012