Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta para pengelola koperasi mengembangkan berbagai strategi yang lebih kreatif dan inovatif.

"Kalau tidak kreatif dan inovatif, maka koperasi akan kalah dengan entitas ekonomi yang lainnya," katanya di sela-sela memberikan pengarahan "Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi" di Denpasar, Minggu.

Apalagi masyarakat Bali hidup dari sektor ekonomi kreatif sehingga pengurus koperasi seharusnya pintar mencari kreativitas dari setiap peluang ekonomi yang muncul.

"Gerakan koperasi masih harus terus diaktualisasikan dan disesuaikan dengan situasi perkembangan kondisi masyarakat dan permintaan pasar. Tidak bisa lagi memakai metode tradisional," ujarnya.

Ia pun mengingatkan pengelolaan koperasi senantiasa dilaksanakan secara transparan untuk menghindari kebangkrutan.

"Tidak boleh koperasi dijadikan sumber penghasilan bagi kelompok tertentu. Sistemnya bukan jualan tetapi punya anggota, bukan pula dikuasai penanam modal maupun pemegang modal," katanya.

Acara peringatan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi tingkat Provinsi Bali ini dipusatkan di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012