Denpasar (Antara Bali) - Duta seni Kabupaten Klungkung berhadapan dengan Kabupaten Jembrana menampilkan parade gong kebyar dewasa pada hari ke-19 Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV di panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar, Jumat (29/6).

"Kedua duta seni itu berpentas dalam satu panggung, tampil secara bergantian untuk menarik simpati penonton," kata Kasi Perfilman dan Perizin pada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Dauh yang juga panitia PKB di Denpasar, Kamis.

Duta seni Kabupaten Klungkung diwakili Sanggar Panji Ulangun Santi, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, dan duta seni Kabupaten Jembrana menampilkan Sekaa Gong Kebyar Loka Swara, Lingkungan  Keladian, Kelurahan Dauh Waru, Kecamatan Jembrana.

Wayan Dauh menjelaskan, pementasan tersebut diawali dengan pergelaran sendratari Ramayana oleh Sanggar Budaya Banjar Dangin Pangkung, Klating, Kerambitan, Kabupaten Tabanan, di Kalangan Ayodya pukul 11.00 Wita.

Disusul pementasan tektekan dari Kerambitan, Kabupaten Tabanan, di Ayodya pukul 16.00 Wita. Pukul 20.00 Wita ditampilkan parade wayang kulit tradisi dalang cilik I Made Tangkas Arta Wiguna dari SD 2 Badung.

Selain itu pementasan kolaborasi topeng Noh Jepang, kesenian tradisi Bali Setagaya-ku Tokyo dengan sanggar Cudomani, Pengosekan, Ubud Kabupaten Gianyar.

Demikian pula parade balaganjur iringan tari melibatkan lima duta seni dari Kabupaten Jembrana, Gianyar, Tabanan, Karangasem dan Kota Denpasar, ujar Wayan Dauh.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012