Pemkab Klungkung, Bali, berusaha mempercepat penyelesaian vaksinasi COVID-19 dengan menambah jam pelayanan vaksinasi pada sore hari.
 
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyampaikan hal itu saat memimpin rapat pembahasan pelaksanaan vaksinasi dan perkembangan COVID-19 di ruang rapat kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung, Selasa (22/6).

Baca juga: Tim pakar Satgas COVID-19 Nasional kunjungi Tabanan dan Klungkung

Dalam rapat yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, dan Kepala OPD terkait serta para Camat di Kabupaten Klungkung itu, Bupati menjelaskan hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga yang beraktivitas/memiliki kesibukan di pagi hari.

"Mari jaga semangat, kita harus berani bekerja dari pagi hingga malam hari agar pelaksanaan vaksinasi ini tetap berjalan maksimal, termasuk pelibatan jajaran TNI-Polri," ujar Bupati Suwirta.

Untuk penduduk pendatang juga diantisipasi dengan baik, mereka harus menunjukkan data vaksinasi/test rapid terakhir, lalu penerapan protokol kesehatan juga harus dijaga, mengingat saat ini banyak masyarakat yang sedang menggelar upacara ngaben massal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menyebutkan bahwa jumlah cakupan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Klungkung sampai tanggal 21 Juni 2021 sebanyak 63,15 persen dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 151.036 orang.

Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 95.382 orang atau 63,15 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi dosis kedua sebanyak 28.145 orang atau 18,63 persen.

Baca juga: Bupati Klungkung kawal distribusi vaksin COVID-19 ke Nusa Penida

Selain itu, ada 6 desa yang cakupan vaksinasinya diatas 90 persen yaitu Desa Timuhun, Gelgel, Kutampi, Jungut Batu, Lembongan dan Semarapura Kaja. Sedangkan ada 15 desa yg cakupan vaksinasinya dibawah 50 persen yaitu di Kecamatan Banjarangkan diantaranya Desa Bumbungan, Tusan dan Tihingan.

Desa lainnya, di Kecamatan Klungkung ada enam desa yaitu Kelurahan Semarapura Kangin, Sp Tengah, Sp Kelod, Sp Kelod Kangin, Desa Tangkas dan Tegak. Untuk di Kecamatan Dawan terdapat satu desa yaitu Desa Paksebali serta Kecamatan Nusa Penida terdapat lima desa yaitu Desa Batu Kandik, Bungamekar, Tanglad, Kutampi Kaler dan Suana.

Setelah rapat, Bupati Suwirta meninjau vaksinasi COVID-19 di Dusun Penasan Kecamatan Banjarangkan dan Banjar Sangging, Desa Kemasan, sedangkan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta meninjau di Desa Bungbungan Banjarangkan.

 

Pewarta: Ayu Khania Pranisitha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021