Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali menerima kunjungan kerja (kunker) dari rombongan DPRD Kabupaten Buleleng bersama awak media atau wartawan guna mendapatkan informasi terkait kegiatan di dewan.

Rombongan DPRD dan wartawan dipimpin I Gede Suradnya yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buleleng itu diterima Sekretaris DPRD Bali Gede Suralaga, Kabag Umum Kadek Putra Suantara, dan Ketua Forum Wartawan DPRD (Forward) Komang Suparta di Denpasar, Senin (10/5).

Gede Suradnya mengatakan kedatangan ke DPRD Bali guna mendapatkan informasi mengenai pengelolaan kehumasan dan hubungan menjalin komunikasi dengan awak media dalam pemberitaan di dewan.

"Kedatangan kami bersama anggota DPRD dan awak media yang ditugaskan meliput di DPRD Buleleng guna lebih jelas dan secara langsung mendapatkan informasi mengenai tata kelola dan kerja sama dalam pemberitaan kegiatan-kegiatan di DPRD Provinsi Bali.

Baca juga: DPRD Bali akan panggil pengusaha yang PHK pekerja sewenang-wenang

Ia mengatakan langkah yang dilakukan ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi bersama jajaran Humas DPRD Bali dan wartawan yang ngepos di DPRD Bali.

"Kami berharap dengan informasi yang di dapat ini nantinya yang selama ini belum bisa diterapkan di Buleleng, baik tata kelola kehumasan maupun kerja sama dengan media massa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Bali, I Kadek Putra Suantara mengatakan dalam pengelolaan kehumasan di dewan telah ada aturannya, termasuk juga pos keuangan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Ia mengatakan selama ini kegiatan-kegiatan DPRD sudah terpublikasikan di media, baik media cetak, elektronik dan online. Karena seiring kemajuan teknologi yang cepat, maka pihaknya juga telah memiliki website dan akun media sosial.

"Di DPRD Bali publikasi pemberitaan di media massa sudah berjalan baik, sehingga publik mengetahui kegiatan-kegiatan di dewan. Terlebih pada masa pandemi kegiatan di DPRD wajib menerapkan protokol kesehatan dan terbatas untuk menghadirkan undangan. Sehingga melalui media, publik bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di DPRD Bali," ujarnya.

Baca juga: DPRD Bali terima Komunitas Cinta Pertanian Indonesia

Mengenai kerja sama dengan media, kata Kadek Putra mengatakan selama ini bersama awak media yang ngepos di DPRD Bali sudah berjalan dengan baik. Bahkan kegiatan pekan informasi kehumasan (presstour) setiap tahun mengajak wartawan yang tergabung dalam Forward (Forum Wartawan DPRD Bali) untuk keluar daerah.

"Untuk 'presstour' sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Pertama kali mengunjungi Kota Yogyakarta. Setiap tahun sudah kami menganggarkan untuk kegiatan 'presstour'. Bahkan jika tahun ini merencanakan empat kali. Namun karena terjadi pandemi Covid-19 dan pemangkasan anggaran, maka rencananya dilakukan sekali saja," ucapnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021