Ambon (Antara Bali) - Jika ada terumbu karang paling sehat di Indonesia, maka mungkin salah satunya terdapat di perairan Pulau Nustubun dan Pulau Asutubun, Maluku Tenggara Barat.

Paling tidak, itulah hasil survei yang dilakukan asosiasi wisata bahari Gahawisri tahun 2012, seperti diungkapkan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MTB, Carla M, saat ditemui di arena pameran Maluku Expo 2 di Kota Ambon, Selasa.

"Menurut penelitian Gahawisri, 35-40 persen karang di perairan dua pulau tersebut hidup, sementara di perairan lain di Indonesia rata-rata hanya 15 persen. Itu sebabnya mereka menyimpulkan terumbu karang daerah kami yang paling sehat," katanya.

Berdasarkan hasil survei Gahawisri tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan merekomendasikan agar perairan Maluku Tenggara Barat dilindungi dari kegiatan-kegiatan yang dapat merusak, terutama praktik bom ikan. Pengawasan secara rutin pun dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat bekerja sama dengan Polair dan TNI- Angkatan Laut
       
Kekayaan terumbu karang yang sehat dan indah itu juga mendorong Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat untuk menjadikan daerahnya sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin menikmati taman bawah laut.

Carla mengatakan, saat ini yang menjadi fokus utama adalah pantai Pulau Nustubun dan Asutubun karena objek wisata ini memang paling digemari wisatawan nusantara maupun mancanegara, khususnya yang hobi menyelam.(DWA/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012