Pemerintah Kabupaten Badung menyiapkan skema yang berkoordinasi dengan Pemprov Bali dalam upaya menyambut dibukanya sektor pariwisata bagi wisatawan mancanegara pada pertengahan tahun 2021.

"Kami terus berupaya memulihkan pariwisata di Bali khususnya di Kabupaten Badung, salah satunya dengan upaya percepatan penanggulangan COVID-19 melalui pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan program pemerintah pusat," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, Pemkab Badung terus melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemprov Bali yang membahas beberapa hal termasuk dalam penyusunan skema itu.

"Yang pertama adalah mengefektifkan dan membuat suatu skema yang sama dalam pelaksanaan vaksinasi dengan pemerintah provinsi, kemudian membahas terkait sinkronisasi dan validasi data tentang kasus COVID-19 serta menyatukan upaya informasi tentang skema rencana Bapak Presiden untuk membuka Pariwisata Bali pada bulan Juli mendatang," katanya.

Baca juga: Polisi Badung: ratusan penumpang tanpa antigen di Terminal Mengwi

Terkait hal tersebut, Wabup Suiasa mengajak seluruh pihak agar selalu mengacu pada skema-skema yang diberikan oleh pemerintah pusat dan provinsi kemudian baru diterjemahkan dalam skema di Kabupaten Badung.

Harapannya, nantinya skema-skema yang dibuat tersebut dapat diakselerasikan mulai dari skema vaksinasi, pelaporan, protokol CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability di wilayah Badung.

"Butuh secara konsisten untuk selalu mengevaluasi terhadap hal ini. Intinya bahwa ketika nantinya kegiatan vaksinasi ini berjalan dengan baik sesuai dengan target, di situ harapan kami hasilnya adalah kasus COVID-19 semakin menurun, otomatis nantinya target bulan Juli itu bisa berjalan," ungkapnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pariwisata Badung, Cokorda Raka Darmawan mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menyamakan persepsi baik dari Kabupaten Badung maupun Pemerintah Provinsi Bali mengenai informasi tentang pelaksanaan vaksinasi maupun menyinkronkan validasi data.

Baca juga: Pemkab Badung berupaya wujudkan zona hijau COVID-19

"Kami juga mohon informasi tentang rencana dibukanya wisatawan bulan Juli di Bali dan di Badung. Untuk itu kami juga telah mengundang dinas terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan dan BPBD Provinsi Bali termasuk untuk membahas persiapan apa saja yang dilakukan untuk menjadi zona hijau,” ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021