Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan zona hijau COVID-19 dalam rangka persiapan pembukaan sektor pariwisata yang diagendakan oleh pemerintah pusat untuk Bali pada Juli 2821.

"Pemerintah beserta vaksinator dan Dinas Kesehatan tentu akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Badung agar Badung dapat segera melewati masa- masa sulit pandemi COVID-19 dan menjadikan Badung menuju zona hijau," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Mangupura, Selasa.

Baca juga: Badung lanjutkan vaksinasi setelah zona hijau tuntas

Menurutnya, untuk menjadikan kawasan Badung sebagai zona hijau tentunya merupakan sebuah tantangan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat di Badung.

Sebagai salah satu upaya mewujudkan zona hijau COVID-19, pihaknya juga terus menggenjot program vaksinasi. Wabup Suiasa mengatakan, pemberian vaksinasi COVID-19 harus disiapkan dengan baik secara pelaksanaan perangkat dan masyarakat setempat di Badung.

“Kehadiran vaksin harus 'on the track' . Skema kami buat sebaik-baiknya, vaksinasi harus berjalan dengan tertib, aman, teratur dan lancar. Mekanisme vaksinasi ini harus kami lakukan dengan baik bersama tim kesehatan, vaksinator dan komponen terkait di lapangan dengan tempat vaksinasi yang harus representatif dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa jumlah tenaga kesehatan dan vaksinator serta perangkat penunjang seperti jaringan internet, meja, komputer dan printer dengan tempat vaksinasi COVID-19 juga harus terus disiapkan dengan baik.

Baca juga: Problematika Bali terima wisman di tengah pandemi

Selain itu kehadiran masyarakat yang akan divaksin harus diatur agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Hal ini terus menjadi tugas kami bersama di lapangan nanti untuk mengatur dengan skema dan alur vaksinasi. Dan kami berharap semoga vaksinasi dapat berjalan aman tertib dan lancar," ungkap Wabup Suiasa.

Selain kawasan The Nusa Dua di Kabupaten Badung, dua wilayah lain yang disiapkan sebagai zona hijau di wilayah Bali untuk pembukaan kembali pariwisata bagi wisatawan mancanegara pada pertengahan tahun 2021 mendatang adalah kawasan Sanur di Kota Denpasar, Ubud di Kabupaten Gianyar.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021