Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak enam grup kesenian berasal dari tiga negara akan ambil bagian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV/2012 di Taman Budaya di Denpasar, 10 Juni-9 Juli 2012.

"Dari Jepang empat grup kesenian, Amerika Serikat satu, dan Inggris juga satu kelompok," kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pengembangan Seni Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Putu Sedana di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, enam tim kesenian luar negeri itu hanya tampil dalam pementasan, tidak satupun ikut pawai budaya bersama duta seni berasal dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali untuk mengawali aktivitas seni tahunan seniman di Pulau Dewata itu, Minggu (10/6).

"Mereka akan tampil berkolaborasi dengan seniman setempat, yang sudah menjalin komunikasi sejak lama," kata Putu Sedana yang juga anggota panitia PKB.

Ia mengatakan, enam grup kesenian luar negeri itu terdiri atas kelompok Ocarina Ema Yokohama, Jepang. Mereka menampilkan musik Acarina di Gedung Ksiarnawa, Taman Budaya Denpasar, Minggu (24/6) malam.

Tim kesenian berasal dari University London, Inggris, berkolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menampilkan kolaborasi drama modern pada Kamis (14/6) malam.

Putu Sedana menjelaskan, grup musik Shinto dan tari tradisional Jepang Kagura Wadaiko-Club Kyoto Koka Senior High School Jepang menampilkan musik Shinto dan tari tradisional Jepang di panggung terbuka ISI Denpasar pada Minggu (24/6) malam.

Grup The Jack Quartet and Brian Baumbusch Amerika Serikat berkolaborasi dengan Sanggar Tari Makara Tuaja Singapadu, Kabupaten Gianyar, menampilkan musik kontemporer di panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya pada Kamis (28/6).

Selain itu, tampil President Direktor Non Profit Organization Stage 21 Natori, Setagayu-ky Tokyo, Jepang dalam kolaborasi topeng Noh Jepang dengan kesenian tradisi berasal dari Sanggar WBC Cudomani Ubud, Gianyar, di Gedung Ksiarnawa Taman Budaya, Jumat (29/6).

Sanggar Siyanhita Jepang berkolaborasi dengan Sanggar LKB Saraswati Banjar Kuti, Singapadu, Kabupaten Gianyar menampilkan tari kreasi Bali di Wantilan Taman Budaya, 6 Juli 2012.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012