Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan yang dikomandani oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, semakin intens melakukan kegiatan sosial berbagi kepada masyarakat, seperti kegiatan Penggak PKK, yang mempunyai tujuan membantu warga kurang mampu di Kabupaten Tabanan.

Dalam program tersebut, TP PKK Kabupaten Tabanan melalui kegiatan Penggak PKK-nya yang diselenggarakan di Wantilan Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu, yakni berbagi dengan 100 orang warga masyarakat kurang mampu dan menyediakan 120 dosis Vaksin COVID-19 yang diperuntukkan para Lansia yang tersebar di Desa Kukuh.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta jajaran sangat mendukung program ini. Karena program PKK ini hakekatnya sangat luar biasa menyentuh masyarakat, sangat menyentuh, sangat sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan di Kabupaten Tabanan,” ungkap Bupati  I Komang Gede Sanjaya saat menghadiri secara langsung kegiatan Penggak PKK itu di wantilan Desa Kukuh, Rabu (21/4).

Baca juga: Hari Ibu, PKK Tabanan adakan Rapid Test gratis

Program ini sangat sesuai dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani (AUM), sehingga Pemkab sangat mendukung secara penuh kegiatan ini, apalagi tidak memberatkan APBD Kabupaten Tabanan.

“Kami  sangat mengapresiasi, karena dalam kegiatan ini juga banyak donatur yang turut membantu secara bergotong-royong, salah satunya adalah pihak BPD yang selalu membantu, sehingga kita bisa berbagi,” kata
Sanjaya.

Bupati Sanjaya berharap kedepannya bahan-bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat sebagai bantuan, seperti beras, buah, sayur, telor dan bahan pokok lainnya, agar dikonsepkan berasal dari desa itu sendiri. Mengingat, khususnya di seluruh desa yang ada di Kabupaten Tabanan, mayoritas penduduk adalah petani yang mengolah berbagai komoditas di lahan masing-masing.

"Baik dari beras, sayur-mayur, buah-buahan dan lain sebagainya harus dari desa, sehingga dari desa oleh desa dan kembali lagi untuk masyarakat Desa. Itulah yang kami sebut dengan desa berdikari, desa yang mandiri dan desa yang tangguh harapan kita,” imbuh Sanjaya.

Baca juga: Putri Koster: PKK terus edukasi "Pesan Ibu" 3M

Sementara itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan,  dalam momentum memperingati HKG PKK ke-49 yang juga bertepatan Hari Kartini Tahun 2021, maka  kegiatan yang diadakan oleh  PKK mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

"TP PKK Kabupaten Tabanan merayakannya dengan bentuk kegiatan sosial berupa penggak PKK yang dalam istilahnya Bali menyebutkan semacam warung rompyok atau warung dadakan. Penerima mengambil satu persatu secara gratis bantuan tersebut, secara bergiliran dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sasaran penerima bantuan saat ini adalah warga kurang mampu dan lansia sebanyak 100 orang, sekaligus menyediakan 120 dosis Vaksin COVID-19 yang difokuskan bagi para lansia yang memenuhi persyaratan kesehatan. Kegiatan Penggak PKK ini akan diselenggarakan pihaknya di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tabanan.

“Kami berharap, kegiatan ini memberi manfaat yang positif, sesuai dengan arahan Ketua TP PKK Bali dalam situasi pandemi ini harus selalu kreatif bergerak membantu masyarakat langsung sasaran ke Desa dan terutama keluarga, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021