Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Gianyar, Bali, terus melakukan berbagai upaya untuk mensosialisasikan dunia kedirgantaraan termasuk olahraga dirgantara (Ordirga) kepada masyarakat.

"Salah satu upayanya kami lakukan dengan menyelenggarakan kegiatan pameran dirgantara dan kompetisi drone sebagai salah satu program kami dalam usaha memasyarakatkan olahraga dirgantara," ujar Ketua FASI Gianyar, Budi Gautama di Gianyar, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut menampilkan sejumlah peralatan olahraga dirgantara meliputi microlight, aeromodeling, paralayang dan paramotor.

Selain itu, dua SMK Penerbangan di Bali juga ikut berkolaborasi dalam memperkenalkan dunia dirgantara dengan menghadirkan simulator penerbangan yang dimiliki untuk dicoba oleh pengunjung.

"Kami juga menyelenggarakan kompetisi drone dengan lomba micro drone race dan lomba video aerial dengan tema sport Pariwisata Gianyar Selatan," kata Budi Gautama.

Ia menjelaskan, FASI Kabupaten Gianyar yang merupakan wadah organisasi Ordirga mendapatkan arahan dari Ketua FASI Provinsi Bali Kolonel Pnb Reza Ranesa Rashid Sastranegara, agar setiap program kerja FASI di daerah dapat segera direalisasikan khususnya dalam memperkenalkan keberadaan Ordirga kepada masyarakat luas.

"Jadi kegiatan ini kami lakukan untuk memperkenalkan olahraga dirgantara kepada masyarakat serta membantu pemerintah untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali saat ini dan juga dalam rangka HUT ke-75 TNI AU," ungkapnya.

Budi menambahkan, perkembangan Ordirga saat ini di Bali khususnya di wilayah Gianyar sudah mulai tumbuh. Menurutnya, Gianyar juga memiliki potensi besar dalam kegiatan olahraga dirgantara.

“Untuk itu melalui kegiatan pengenalan Ordirga ini harapan kami dapat memunculkan minat masyarakat Gianyar yang mempunyai potensi untuk dapat bergabung dalam cabang Ordirga di bawah FASI Kabupaten Gianyar," katanya.

Ke depan, pihaknya juga akan merancang sejumlah kegiatan kejuaraan diantaranya, Gianyar Air Show dan Jambore Air Sport yang akan mengkolaborasikan antara kegiatan olahraga dengan pariwisata.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021