Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak Gerakan Pramuka di Pulau Dewata dapat menyelaraskan program kerja dan mendukung visi pembangunan daerah setempat yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

"Pandemi ini membuat hidup harus mampu menyelaraskan diri guna dapat beradaptasi dengan kondisi yang tercipta oleh pandemi COVID-19 yang sekarang disebut dengan Tatanan Kehidupan Era Baru," kata Wagub Bali saat menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwarda Bali di Denpasar, Jumat.

Termasuk, ujar dia, Gerakan Pramuka Bali hendaknya dapat terus bersinergi dan mendukung visi dan misi pembangunan daerah Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya.

"Gerakan Pramuka merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal yang bertujuan untuk mendidik dan membina generasi muda Indonesia, guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional dan sosial," ucapnya yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Pramuka Daerah Bali itu.

Dengan demikian, lanjut dia, akan terbentuk manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta berjiwa Pancasila,

Untuk itu, dalam Rakerda yang dilaksanakan setiap tahun ini, Wagub yang biasa disapa Cok Ace itu minta para peserta harus serius dalam membuat program kerja yang terukur sehingga program yang dibuat mampu menyentuh lapisan masyarakat dan tidak hanya sampai permukaan semata.

Sedangkan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutannya yang dibacakan oleh Prof. Dr Suyatno, MPd selaku Waka Binawasa Kwarnas mengucapkan terima kasih kepada pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Bali dan dukungan pemda yang masih sanggup mengadakan pertemuan di tengah pandemi.

Budi Waseso mengharapkan mabida Bali selaku pemerintah daerah dapat terus memberikan arahan kepada Kwartir Daerah Bali sehingga apa yang dilakukan oleh Pramuka selaras dengan program pemerintah.

Selain itu, Budi Waseso juga berharap dalam rakerda tersebut dapat dibahas isu-isu penting yang terkait dengan apa yang terjadi saat ini, sehingga Pramuka dapat bergerak cepat terhadap penanggulangan isu tersebut.
snya.

Selanjutnya, Ketua Kwarda Bali I Made Rentin mengatakan dalam forum tersebut berharap seluruh komponen Gerakan Pramuka dari satuan terdepan dan semua lembaga dengan penuh kesadaran dan pengabdian bersama-sama menggerakkan organisasi dalam mewujudkan visi dan misi Gerakan Pramuka secara nasional.

"Selanjutnya senantiasa bersinergi dengan program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Bali dengan Nangun Sat Kertih Loka Bali dan pemerintah kabupaten/kota," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan perlengkapan penanggulangan COVID-19 dari Kwartir Nasional yang akan dibagikan kepada Kwartir Cabang se- Bali.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021