Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berupaya menuntaskan vaksinasi COVID-19 di daerah-daerah tujuan wisata (DTW)  untuk mendukung pembukaan sektor pariwisata.

"Dalam rangka percepatan penanganan COVID-19, pemerintah pusat berstrategi merancang zona hijau COVID-19 salah satunya di Kabupaten Badung terutama di wilayah Kelurahan Jimbaran, Benoa dan Tanjung Benoa," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Jumat.

Ia mengatakan untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya siap melakukan sinkronisasi dalam pelaksanaannya vaksinasi COVID-19 yang akan dilaksanakan di wilayah-wilayah zona hijau mulai dari tanggal 1 April 2021 sampai waktu yang tidak ditentukan.

"Yang jelas kami berharap pelaksanaan vaksinasi di tiga tempat ini bisa segera tuntas sebagai jaminan bagi pemerintah pusat untuk membuka pariwisata. Sehingga harapan kami semakin cepat melakukan vaksinasi dari target sasaran yang ada, maka ada satu jaminan kepastian dalam membuka pariwisata," katanya.

Baca juga: Presiden: Bali bisa segera bangkit bila vaksinasi berjalan terus

Sekda Adi Arnawa menjelaskan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan vaksinasi di lapangan, para camat beserta dengan perangkat daerah terkait khususnya Dinas Kesehatan Badung diharapkan dapat saling berkoordinasi dalam hal-hal teknis berkaitan dengan tempat, kelengkapan sarana dan prasarana serta partisipasi masyarakat.

"Berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya teknis saya harapkan kepada camat serta Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk berkoordinasi dan bersinergi sehingga dalam pelaksanaan vaksinasi agar nantinya dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya.

Dengan lancarnya vaksinasi COVID-19 di wilayah Badung, menurutnya, akan dapat menumbuhkan kepercayaan dunia internasional terhadap Bali sehingga dengan dibukanya pariwisata tentu akan berdampak pada kedatangan wisatawan mancanegara khususnya ke Badung yang bergantung pada sektor pariwisata.

"Meningkatnya kunjungan wisatawan tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan daerah serta perekonomian masyarakat, sehingga pariwisata bangkit, harapan kami perekonomian akan pulih,” ujar Adi Arnawa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021