Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa melaporkan kepada Presiden Joko Widodo soal progres vaksinasi COVID-19 secara virtual melalui video conference dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Puri Ubud, Gianyar, Bali.

"Untuk saat ini, kami sudah melaksanakan vaksinasi secara rutin dan secara massal. Vaksinasi rutin sifatnya harian dengan melibatkan tim yang stay di masing-masing Puskesmas maupun di RSD untuk melayani 150 orang masyarakat di tiap lokasi," ujar Wabup Suiasa di Kabupaten Badung, Selasa.

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi massal di Kabupaten Tabanan secara virtual

Ia mengatakan progres yang telah dicapai Pemkab Badung dalam vaksinasi tahap pertama dengan sasaran pada tenaga medis, pelayan publik serta lansia secara komulatif telah tercapai sebesar 29,8 persen.

"Kami tetap siap untuk mengikuti setiap arahan Bapak Presiden dan kami senantiasa berharap agar Badung diberikan suplai vaksin yang cukup agar totalitas terbentuknya herd imunity bagi masyarakat Badung bisa dicapai, sehingga sektor pariwisata bisa segera kita buka," katanya.

Pada kesempatan itu, Wabup Suiasa juga memantau pelaksanaan vaksinasi terhadap pekerja pariwisata, tokoh adat dan pemuka agama yang dilaksanakan di tempat, yakni Hotel Ayana dan Hotel Intercontinental Jimbaran dengan jumlah peserta 500 orang di tiap lokasi.

"Untuk komponen masyarakat yang divaksinasi dari pekerja pariwisata, tokoh adat, agama dan lansia yang ada di wilayah Kelurahan Jimbaran. Dengan demikian hari ini di Badung ada 2.500 orang yang mendapatkan vaksinasi dari kegiatan vaksinasi rutin dan massal," katanya.

Baca juga: Bupati Buleleng inginkan tiga destinasi wisata jadi zona hijau

Ia menjelaskan bahwa ke depannya Pemkab Badung menargetkan dalam satu hari mampu melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap enam ribu orang.

"Vaksinasi kepada seluruh komponen warga Badung merupakan langkah Pemkab Badung dalam menumbuhkan kepercayaan dunia pariwisata. Untuk itu kami berinisiatif secepat mungkin melakukan langkah dan sebanyak mungkin memberikan vaksin kepada masyarakat, terlebih Badung ditunjuk sebagai zona hijau oleh pemerintah pusat yang meliputi wilayah Jimbaran, Tanjung Benoa dan Benoa," ungkapnya.

Baca juga: Denpasar genjot vaksinasi percepat pemulihan pariwisata

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021